Select Page

Seminar Advertising War menghadirkan judul “Marketing in Adaptive Era: How Effective Communication Can Win Consumer Trust” membahas mengenai fenomena berubahnya pola perilaku consumer behaviour dan cara meyakinkan konsumen atau audience trust di Indonesia di era pandemi yang penuh tidak kepastian dari berbagai sudut pandang.

Membahas lebih lanjut dalam mengenai bagaimana mengidentifikasi krisis pesona yang dialami para konsumen Indonesia di era pandemi serta bagaimana mengatasi efek tersebut dengan komunikasi yang efektif dan tepat sekaligus memenangkan Kembali kepercayaan konsumen terhadap merchant maupun brand dari UMKM. Seminar Advertasing War menghadirkan Handoko Hendroyono (CEO M Bloc Space).

Menurut Handoko, saat ini yang paling penting adalah authenticity. Menjadi otentik sangat penting bukan fokus lagi pada kompetisi, positioning intinya adalah bagaimana kita menjadi diri sendiri kalau di produk itu bagaimana kita membangun karakter dan cerita. Sekarang juga banyak bermunculan produk-produk lokal dengan packaging yang sangat keren-keren yang diciptakan oleh anak-anak muda Indonesia. Selain itu saat ini menjual produk dari offline  ke online itu menjadi suatu keharusan.

“Membangun M Bloc Space bekerjasama dengan musisi, arsitek, dan bisnismen menghasilkan sebuah budaya baru yang sustainiable living sekaligus menghidupkan budaya lama yang otentik. Ketika sustainiable living dan sustainiable business dikembangkan bisa membangun dan membuat kategori baru. M Bloc Space adalah sebuah ekosistem yang dibangun dengan melibatkan banyak steakholder seperti pelaku dunia kreatif” jelas Handoko.

Ia juga menekankan, intinya adalah membangun brand saat ini menurut saya pentingnya kekuatan komunitas jadi bukan modal tetapi jaringan bisnis yang kuat bukan lagi iklan yang besar-besaran tetapi engagement dengan konsumen, publik dan media dengan baik. Membangun brand sebenarnya seperti membangun movement.