Hibriditas Media: Ruang Antara Keputusan Manajemen Atau Politik?

Verdy Firmantoro menjadi Doktor dari Program Studi Departemen Ilmu Komunikasi dengan predikat cumlaude. Ia mendapatkan gelar Doktor tersebut setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul “Hibriditas Media: Ruang Antara Keputusan Manajemen Atau Politik? (Studi Dinamika Kebijakan Jurnalisme Politik Di Media Group Network)” pada Kamis (20/7) di Auditorium Juwono Sudarsono, FISIP UI.

Ketua sidang, Prof. Isbandi Rukminto Adi, M.Kes., Ph.D. Promotor, Prof. Dr. Billy K. Sarwono, M.A., dan kopromotor, Dr. Irwansyah, M.A. Para dewan penguji, Prof. Dr. H. Hafied Cangara, Dr. rer.soc. Masduki, M.Si., M.A., Dr. Eriyanto, M.Si., dan Dr. Indah Santi Pratidina, M.Soc.Sci.

Verdy menjelaskan bahwa penelitian ini menjelaskan dan menganalisis ekspresi hibriditas media dalam dinamika kebijakan jurnalisme politik di Media Group Network. “Perspektif hibrida menolak dikotomi yang memisahkan logika media yang lebih lama dan media yang lebih baru. Di satu sisi kebangkitan era digital dipandang pesimis dan mematikan eksistensi media arus utama, di sisi lain dipandang optimis dengan memberikan peluang melalui adaptasi yang bersifat kontemporer,” ujarnya.

“Studi ini menjawab bagaimana hibridisasi pada ranah tata kelola kebijakan jurnalisme politik memengaruhi pembentukan model organisasi media. Lebih lanjut bagaimana negosiasi-negosiasi dilakukan di organisasi media sebagai entitas industri dengan struktur yang besar dan kompleks. Studi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui metode studi kasus. Dalam penelitian data diperoleh melalui wawancara mendalam pada sejumlah narasumber kunci Media Group Network yang melibatkan Media Indonesia (cetak), Metro TV (televisi) dan Medcom.id (online),” jelas Verdy.

Menurut Verdy, penelitian ini menunjukkan bahwa tesis konvergensi media dinilai belum sepenuhnya dapat menjelaskan dinamika pengelolaan organisasi media, “artinya untuk menjawab tantangan disrupsi tidak hanya melakukan konvergensi, melainkan memahami logika media dan tata kelola kebijakan jurnalistik yang berdampak pada kesinambungan pengaturan organisasi media,” ujar Verdy.

Studi ini berkontribusi tidak hanya melihat faktor teknis, melainkan secara strategis dapat memberikan kerangka lebih mendalam terkait dengan ekspresi media berita hibrida yang diimplementasikan di Media Group Network. Pemahaman terhadap konsepsi tentang media berubah dilihat dari adanya rekonfigurasi posisi media sebagai entitas sosial, bisnis atau politik. Organisasi media mempunyai prosedur operasi standar secara normatif, namun tata kelola strategi penentuan kebijakan dan “politik kantor” sebagai putusan manajemen sangat dinamis.

Hibriditas media diasumsikan tidak hanya menjawab tantangan model media untuk melakukan adaptasi terhadap perubahan yang terjadi, tetapi juga menjawab kesenjangan eksplikasi teori dan praktik terkait konsepsi media secara holistik. Model media hibrida sangat dipengaruhi konteks dan proses hibridisasi yang berlangsung. Dengan demikian, untuk membangun paradigma masa depan media yang utuh (future of media – future of news), tidak cukup hanya melihat aspek makro atau mikro, melainkan penting untuk mendalami di level meso terutama aspek tata kelola dan manajemen stratejik media.

Related Posts

Hubungi Kami

Kampus UI Depok
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia
Jl. Prof. Dr. Selo Soemardjan, Depok, Jawa Barat 16424 Indonesia
E-mail: fisip@ui.ac.id
Tel.: (+62-21) 7270 006
Fax.: (+62-21) 7872 820
Kampus UI Salemba
Gedung IASTH Lt. 6, Universitas Indonesia
Jl. Salemba Raya 4, Jakarta 10430 Indonesia

E-mail: fisip@ui.ac.id
Tel.: (+62-21) 315 6941, 390 4722

Waktu Layanan

Administrasi dan Fasilitas
Hari : Senin- Jumat
Waktu : 08:30 - 16:00 WIB (UTC+7)
Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB (UTC+7)

Catatan:
*) Layanan tutup pada hari libur nasional, cuti bersama, atau bila terdapat kegiatan internal.
Skip to content