Pilih Laman

Endry Fatimaningsih berhasil menyandang gelar doktor Sosiologi. Setelah berhasil mempertahankan hasil disertasinya yang berjudul “Hubungan Kapital Sosial Keluarga Dengan Upaya Perlindungan Anak Pada Keluarga Miskin di Kota Bandar Lampung” di hadapan para penguji. Sidang promosi doktor Endry dilaksanakan pada Jumat (06/01) di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI.

Terbatasnya modal ekonomi dan sumber daya manusia di keluarga miskin perkotaan bukan alasan untuk tidak menerapkan perlindungan anak. Keluarga dan anak merupakan dua konsep yang tidak terpisahkan. Di dalam keluarga, anak lahir, tumbuh dan berkembang. Sedangkan bagi keluarga, anak merupakan aset yang sangat berharga.

Anak dibutuhkan keluarga untuk berkembang dan berkelanjutan. Sementara itu dalam perspektif pembangunan manusia, membahas keluarga dan anak adalah membahas kualitas sumber daya manusa masa depan. Melalui berbagai fungsi dalam keluarga, diharapkan keluarga dapat melakukan perlindungan anak, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Disertasi ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kapital sosial keluarga dan upaya untuk melindungi anak-anak dalam keluarga miskin. Studi ini berfokus pada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh orang tua untuk anak-anak dalam tiga dimensi kapital sosial keluarga (norma, kepercayaan dan jaringan dalam keluarga).

Hasil penelitian menunjukkan, kapital sosial keluarga untuk upaya perlindungan anak, dimiliki, dikembangkan dan dimanfaatkan oleh keluarga miskin. Secara statistik, terbukti ada hubungan korelatif positif antara modal sosial keluarga dan upaya perlindungan anak di keluarga miskin. Melalui karakternya, tidak nol, tidak kompetitif dan produktif, modal sosial keluarga berpotensi untuk memfasilitasi upaya perlindungan anak bagi keluarga miskin.

Artikel Lainnya:  Kunjungan Kepala BNPT ke FISIP UI