Pilih Laman

Miriam Budiardjo Resource Center dan Pusat Kajian Sosiologi adakan bedah buku berjudul Ekonomi Dalam Perspektif Ilmu Sosial: Spesialisasi dan Konvergensi Ilmu. Kegiatan ini dilakukan pada Rabu (26/4) di MBRC Lantai 1.

Buku Ekonomi Dalam Perspektif Ilmu Sosial ditulis secara kolaborasi oleh dua dosen, yaitu Dr. Ricardi S. Adnan dari FISIP UI, serta Banu Muhammad Haidlir, SE. MSE., yang merupakan dosen FEB UI. Buku ini berisi faktor-faktor ilmu sosial yang dapat berpengaruh dalam tindakan ekonomi yang dilakukan seseorang.

“Setiap orang memiliki pilihan atau yang kita sering sebut opportunity cost dalam melakukan tindakan. Hal-hal yang dikaji dalam Ilmu Sosial inilah yang dapat menjadi factor seseorang menentukan opportunity cost tersebut,” jelas Banu Muhammad.    

Pada acara ini juga dihadiri pembahas yang mengomentari isi dari buku tersebut. Pembahas tersebut adalah Dr. Maddarremmeng Panennungi dari FEB UI, dan Dr. Lisman Manurung dari FIA UI. Kedua pembahas mengomentari substansi serta apa saja kekurangan dan kelebihan pada buku Ekonomi Dalam Perspektif Ilmu Sosial.

Menurut Lisman Manurung, buku ini masih banyak menggunakan kurva-kurva yang sulit dimengerti pembaca yang bukan berasal dari kalangan “ekonomi”. Mengingat tujuannya juga menyasar kalangan “sosial”, maka kurva-kurva tersebut perlu disederhanakan. Selain itu, akan lebih baik jika kajian pada buku ini dilanjutkan dan ditambah factor lain yang berpengaruh pada bidang ekonomi, seperti hukum dan psikologi. Harapannya buku ini akan cetak dan terbit edisi kedua dan seterusnya dengan perbaikan yang sudah ditambahkan.

Artikel Lainnya:  Ketua DGBF FISIP UI: Pengaturan Etika Bermedia Sosial di Kampus dan Kebebasan Berpikir Harus Balance