Pilih Laman

FISIP UI adakan Pertemuan Orang Tua Mahasiswa Baru angkatan 2017 di Balairung Universitas Indonesia, Sabtu (15/10). Pertemuan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kehidupan kampus berupa akademik dan non akademik kepada orang tua mahasiswa. Ini merupakan agenda rutin FISIP UI setiap tahunnya.

“Banyak hal yang harus kita pahami bersama. Bapak Ibu atau wali dari mahasiswa baru perlu memahami proses belajar dan proses berkehidupan di kampus Universitas Indonesia selama beberapa tahun kedepan sehingga kita dapat bersama-sama menjaga putra-putri Bapak dan Ibu” kata Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc., dalam sambutan yang ia berikan.

Acara dibuka dengan perkenalan jajaran pimpinan kampus, ketua departemen dan program studi yang ada di FISIP UI. Kemudian, penjelasan mengenai sarana, prasana, dan hal-hal yang berkaitan dengan fasilitas pendidikan dan sumber daya disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Ventura & Administrasi Umum, Dr. Titi Muswati Putranti, Si.

Artikel Lainnya:  Menguatkan Posisi Indonesia sebagai negara Penyedia Bantuan dalam Kerjasama Selatan-Selatan

Penjelasan mengenai sistem akademik, kegiatan perkuliahan, serta kesempatan-kesempatan yang dapat diambil selama masa belajar seperti student exchange, beasiswa, ikut serta dalam berbagai konferensi dan kompetisi juga dijelaskan dalam pertemuan ini. Adalah Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian & Kemahasiswaan, Prof. Isbandi Rukminto Adi, Ph.D., yang bertugas menyampaikannya.

Dalam pertemuan ini, Dekan juga mengingatkan pentingnya kerja sama dalam mengawasi mahasiswa-mahasiswi FISIP UI khususnya mahasiswa baru dari ancaman radikalisasi. Universitas Indonesia sebagai kampus terbuka memang rawan akan infiltrasi dari kelompok-kelompok apa saja dari luar. Faktor lingkungan masyarakat dan geopolitik menjadi penyebab keadaan yang sedang ramai diberitakan  di media ini.

“Ancaman itu selalu ada, bagaimana kita di UI telah mempunyai kesiapan melakukan penangkalannya. Nah ini tentu kita lakukan di lingkup yang bertugas di kemahasiswaan dan saya sendiri sebagai Dekan punya tanggung jawab atas hal ini. Kontrol perlu kita lakukan bersama. Pertemuan seperti ini perlu dilakukan supaya bapak ibu ikut mengontrol anak-anaknya.”

Artikel Lainnya:  Özlem Sara Cekic: Secangkir Kopi untuk Empati

Radhian Pasopati Pribadi, Mahasiswa Berprestasi (Mapres) FISIP UI 2017 yang juga Mapres Terbaik Ketiga tingkat universitas ikut serta mengajak orang tua memotivasi anak-anaknya untuk berprestasi. Ia membagikan kiat-kiat agar bisa menyeimbangkan kehidupan akademik kampus dan aktif mengikuti ajang perlombaan dan konferensi di luar dan dalam negeri.

Acara dimeriahkan dengan penampilan dari Komunitas Tari FISIP Radha Sarisa yang membawakan tarian melayu. KTF Radha Sarisa juga sebagai percontohan kepada orang tua Mahasiswa Baru bahwa di FISIP, anaknya tak hanya punya kesempatan berprestasi di bidang akademik, namun juga seni budaya.

Penampilan solois bersuara merdu, Ester Purba (Mahasiswa FISIP UI angkatan 2014) dan band dari Mahasiswa Ilmu Politik turut memeriahkan acara. Stand dari BEM, BPM, Himpunan Mahasiswa Jurusan, dan berbagai organisasi yang ada di FISIP UI juga ikut memberikan informasi kepada orang tua mengenai kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih putra-putrinya.

Artikel Lainnya:  Tantangan dan Peluang Lembaga Penyiaran Publik di Era Disrupsi Informasi