Kegiatan Ekskursus Antara Departemen Antropolgi FISIP UI dengan University Of Bonn, Jerman

Prof. Dr. Kristina Großmann dari Departemen Studi Asia Tenggara di Universitas Bonn, Jerman telah menjalin kerja sama yang cukup panjang dan erat dengan Departemen Antropologi FISIP Universitas Indonesia selama 10 tahun terakhir. Kolaborasi ini mencakup mobilitas siswa dalam rangka studi ekskursus bersama mahasiswa dari kedua institusi.

Pada Agustus 2022, lima mahasiswa, Dr. Imam Ardhianto, Dr. Dave Lumenta diundang ke Universitas Bonn dan melakukan studi banding kegiatan pembelajaran dan penelitian.

Pada bulan Februari 2023 sebanyak 18 mahasiswa, 2 dosen dan 1 Profesor dari Universitas Bonn melakukan kunjungan bersama ke Universitas Indonesia untuk penjajakan kerjasama dan mengikuti kunjungan budaya di Bogor dari tanggal 23 Februari hingga 8 Maret 2023. Mereka akan terlibat dalam ekskursus etnografi yang di fasilitasi oleh Program Sarjana dan Pascasarjana, Departemen Antropologi FISIP Universitas Indonesia.

Program ekskursus tandem ini diharapkan akan membekali mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan wawasan tentang isu-isu sosial budaya di Indonesia, belajar tentang sistem universitas dan belajar di Indonesia, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan Indonesia serta memperkaya kapasitas antarbudaya.

Di akhir kegiatan ini, setiap kelompok penelitian harus mempresentasikan proyek mereka dengan penjelasan tentang rancangan penelitian dan mengajukannya untuk di diskusikan dalam kelompok. Topik yang mencakup masalah lingkungan dan keberlanjutan, perubahan sosial, budaya populer, atau migrasi/diaspora.

Tujuan pembelajaran dari kegiatan ini ialah peserta dapat mengeksplorasi topik ilmu sosial dan belajar tentang metode penelitian sosial kualitatif. Mereka belajar bagaimana membuat desain penelitian, memilih metode penelitian dan menerapkannya dalam praktik.

Selain itu, perhatian khusus diberikan pada pelatihan kompetensi antar budaya. Perbedaan komunikasi dan metode kerja antara mahasiswa dari Bonn dan FISIP UI akan disikapi untuk menemukan peluang kerjasama yang efektif dalam konteks antar budaya.

Related Posts

Hubungi Kami

Kampus UI Depok
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia
Jl. Prof. Dr. Selo Soemardjan, Depok, Jawa Barat 16424 Indonesia
E-mail: fisip@ui.ac.id
Tel.: (+62-21) 7270 006
Fax.: (+62-21) 7872 820
Kampus UI Salemba
Gedung IASTH Lt. 6, Universitas Indonesia
Jl. Salemba Raya 4, Jakarta 10430 Indonesia

E-mail: fisip@ui.ac.id
Tel.: (+62-21) 315 6941, 390 4722

Waktu Layanan

Administrasi dan Fasilitas
Hari : Senin- Jumat
Waktu : 08:30 - 16:00 WIB (UTC+7)
Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB (UTC+7)

Catatan:
*) Layanan tutup pada hari libur nasional, cuti bersama, atau bila terdapat kegiatan internal.
Skip to content