Select Page
Layanan Daring
Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Universitas Indonesia

Sesuai Surat Edaran Rektor Universitas Indonesia (UI) dan Surat Edaran Dekan FISIP UI yang berlaku, seluruh pelayanan tatap muka dalam administrasi dan akademik di lingkungan FISIP UI ditutup mengikuti kebijakan PPKM yang diberlakukan pemerintah.

Maka dari itu, kami mengajak seluruh sivitas akademika FISIP UI untuk memaksimalkan fitur formulir daring di situs ini dan layanan daring lainnya terkait kebutuhan Anda.

Sumber Stiker: @amandaiswandari

Informasi Dasar Penggunaan Layanan Daring FISIP UI

Seluruh layanan administrasi tatap muka pada unit akademik (PPAA-Kemahasiswaan-MBRC) dan operasional umum di lingkungan FISIP UI, untuk sementara ditutup mengikuti kebijakan PPKM yang diberlakukan pemerintah.

Mahasiswa, alumni, dan umum tidak diperkenankan mendatangi Kampus FISIP UI (Depok & Salemba) hingga batas waktu yang ditentukan.

Segala keperluan administrasi dapat melalui laman ini atau kanal SIKES PPAA. Layanan Legalisir Ijazah & Transkrip bertanda tangan basah (asli) melalui Kantor PPAA dilakukan secara terbatas dan harus atas pertimbangan khusus.

Untuk Layanan MBRC, pengembalian buku ditunda hingga batas waktu yang ditetapkan, peminjam dipersilahkan melakukan proses perpanjangan masa pinjam buku.

Laman ini masih dalam proses pembaharuan dan uji coba, perubahan dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Apabila terdapat keluhan, kendala, maupun pertanyaan lainnya, silahkan melihat bagian “Layanan Administrasi Lainnya” dan mengisi formulir yang tersedia. Atas perhatian dan kerjasama Anda, kami ucapkan terima kasih.

Layanan Unit Akademik
(PPAA FISIP UI)

Layanan Unit
Kemahasiswaan

Layanan Perpustakaan
(MBRC FISIP UI)

Layanan Administrasi
Lainnya

Versi 0.1.4-072021
Pembaharuan Terakhir :  19 Juli 2021

Unit PPAA FISIP UI

Gedung F Lantai 1, Kampus FISIP UI, Depok
E-mail : ppaa.fisip@ui.ac.id

(Mohon Dibaca Dengan Seksama) Informasi Dasar Layanan Daring Unit PPAA

Layanan Kantor Unit PPAA FISIP UI dibatasi dengan protokol kesehatan yang ketat dan hanya beroperasi secara daring.

Mahasiswa dan alumni yang memerlukan layanan akademik PPAA FISIP UI dipersilahkan melalui kanal di bawah ini.

Dimohon untuk mengikuti alur yang berlaku melalui 2 kanal di bawah ini. Unit PPAA FISIP UI akan menghubungi Anda, baik dalam hal verifikasi (termasuk klarifikasi) dan pengiriman berkas yang dimohon akan dikirimkan secara daring melalui surel.

Mengingat diberlakukannya penyesuaian operasional dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus Universitas Indonesia, mahasiswa dihimbau untuk tidak diperkenankan untuk mendatangi kantor Unit PPAA FISIP UI kecuali pengambilan berkas kelulusan (dengan memesan melalui sistem Tiket) dan/atau untuk legalisir terbatas.

Pembuatan Surat Akademik (SIKES)

Silahkan akses SIKES FISIP UI menggunakan akun SSO Anda, apabila memerlukan layanan akademik seperti pembuatan:

  • Surat Riset (Penelitian)
  • Surat Magang/Praktikum
  • Surat Identitas/Aktif
  • Surat Keterangan Tunjangan Anak

 

Layanan ini hanya berlaku untuk mahasiswa aktif FISIP UI.

Apabila terjadi kendala dalam pengajuan melalui SIKES, silahkan hubungi kami melalui formulir di bagian laman informasi lainnya di bawah ini.

Pengajuan DNS / SKL / Legalisir Daring / Lainnya

Silahkan untuk mengisi formulir ini untuk memenuhi kebutuhan Daftar Nilai Sementara (DNS) dan keperluan lainnya di luar cakupan sistem SIKES PPAA FISIP UI.

Bila Anda memerlukan Surat Riset, Surat Identitas/Aktif, Surat Keterangan Tunjangan Anak, Anda diwajibkan mengakses SIKES FISIP UI melalui tautan yang tersedia di atas dan tidak mengisi formulir ini!

Bagian 1 | Informasi Dasar

Silahkan mengisi data Anda. Mohon ikuti ketentuan berikut:

 

Bagian 2 | Keperluan Anda

Mohon isi keperluan Anda dengan seksama.

Jenis surat yang dikecualikan dari formulir ini antara lain:

  1. "Surat Keterangan" untuk keperluan administrasi, baik untuk keperluan orangtua Anda (tunjangan anak/BPJS/tugas belajar/dsb) maupun keperluan institusi Anda.
  2. "Surat Izin Melakukan Penelitian" 
  3. "Surat Permohonan Magang/Praktikum" yang termasuk dalam Mata Kuliah/SKS/Kurikulum Anda saat ini.

Untuk ketiga jenis surat itu, silahkan mengisi permohonan melalui laman SIKES PPAA FISIP UI, dan tidak mengisi formulir ini.

Kami berhak menunda, meninjau ulang, atau menolak pengajuan Anda apabila terdapat indikasi pelanggaran maupun hal-hal yang berada di luar ketentuan penyelenggaraan kegiatan perkuliahan maupun kegiatan lainnya, baik di dalam lingkungan Universitas Indonesia maupun mitra.


Bagian 3.2 | Surat Keterangan Lulus

Mohon diperhatikan! Kami tidak akan memproses permohonan Anda apabila status akademik di SIAK-NG belum tercatat sebagai "LULUS".  Maka dari itu, kami mohon untuk mengunggah bukti tangkapan layar / screenshot dari laman SIAK-NG Anda.

Proses pembuatan SKL akan memakan waktu yang tidak singkat, maka dari itu kami mohon kerjasama dan pengertian Anda, mengingat tingginya permintaan yang masuk ke sistem.

Ketentuan Unggah Lampiran:

  1. Jenis Berkas : PDF/JPEG/JPG/PNG/BMP/GIF
  2. Ukuran Berkas : maksimal 500 KB per berkas

Bagian 3.3 | Legalisir Ijazah & Transkrip Daring

Mohon diperhatikan! Kami tidak akan memproses permohonan Anda apabila tidak melampirkan unggahan Ijazah (sisi depan dan belakang) & Transkrip Akademik (sisi depan dan belakang) yang baik dan benar.

Proses legalisir daring akan memakan waktu yang tidak singkat, maka dari itu kami mohon kerjasama dan pengertian Anda, mengingat tingginya permintaan yang masuk ke sistem.

Ketentuan Unggah Lampiran:

  1. Jenis Berkas : PDF/JPEG/JPG/PNG/BMP/GIF
  2. Ukuran Berkas : maksimal 2,5 MB per berkas
  3. Untuk ijazah : sisi depan-belakang, mohon kualitas foto/pindaian/scan dalam kondisi yang layak.
  4. Untuk transkrip akademik : sisi depan-belakang, mohon kualitas foto/pindaian/scan dalam kondisi yang layak.

Bagian 3.4 |  Penerbitan Ulang Transkrip Mahasiswa Lulusan Sebelum 2006

Mohon diingat! Pengajuan ini hanya berlaku bagi lulusan FISIP UI angkatan 2006 dan sebelumnya, mengingat dalam kurun waktu tersebut pendataan masih dilakukan secara manual.

Proses penerbitan ulang ini akan memakan waktu yang tidak singkat, maka dari itu kami mohon kerjasama dan pengertian Anda.

Ketentuan Unggah Lampiran:

  1. Jenis Berkas : PDF/JPEG/JPG/PNG/BMP/GIF
  2. Ukuran Berkas : maksimal 2,5 MB per berkas
  3. Untuk ijazah atau surat keterangan yang setara: sisi depan-belakang, mohon kualitas foto/pindaian/scan dalam kondisi yang layak.
  4. Untuk transkrip akademik: sisi depan-belakang, mohon kualitas foto/pindaian/scan dalam kondisi yang layak.

Bagian 3.5 | Terjemahan Ijazah Berbahasa Inggris Mahasiswa Lulusan Sebelum 2006

Mohon diingat! Pengajuan ini hanya berlaku bagi lulusan FISIP UI angkatan 2006 dan sebelumnya, mengingat dalam kurun waktu tersebut pendataan masih dilakukan secara manual.

Proses penerjemahan ini akan memakan waktu yang tidak singkat, maka dari itu kami mohon kerjasama dan pengertian Anda.

Ketentuan Unggah Lampiran:

  1. Jenis Berkas: PDF/JPEG/JPG/PNG/BMP/GIF
  2. Ukuran Berkas: maksimal 2,5 MB per berkas
  3. Untuk ijazah: sisi depan-belakang, mohon kualitas foto/pindaian/scan dalam kondisi yang layak.

Bagian 3.6 | Surat Keterangan Pengganti Ijazah

Mohon diingat! Pengajuan ini hanya berlaku bagi yang benar-benar kehilangan ijazahnya. Kami berhak meninjau ulang dengan menghubungi langsung Anda apabila berkas yang dilampirkan tidak sesuai.

Mohon siapkan :

  1. Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian setempat.
  2. Surat Kronologi Kejadian Kehilangan, yang berisi deskripsi kejadian mengapa ijazah Anda hilang. Surat ini harus ditulis dan ditandatangani oleh Anda serta ditujukan kepada Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan.
  3. Lampiran Salinan/Fotocopy Ijazah maupun Transkrip Akademik (bagian depan dan belakang) yang masih ada.

Proses pembuatan surat keterangan ini akan memakan waktu yang tidak singkat, maka dari itu kami mohon kerjasama dan pengertian Anda.

Ketentuan Unggah Lampiran:

  1. Jenis Berkas: PDF/JPEG/JPG/PNG/BMP/GIF
  2. Ukuran Berkas: maksimal 2,5 MB per berkas
  3. Untuk ijazah/transkrip: sisi depan-belakang, mohon kualitas foto/pindaian/scan dalam kondisi yang layak.

Pernyataan Persetujuan


Informasi Penting!

Proses pengajuan dapat dikatakan selesai apabila setelah menekan tombol Kirim, formulir ini secara otomatis tertutup dengan dialog konfirmasi final, lengkap dengan tabel ringkasan pengajuan Anda.

Mohon tidak menekan tombol berkali-kali untuk mencegah data ganda/duplikat. Hiraukan notifikasi error yang (mungkin) muncul setelah Anda menekan tombol kirim. 

Pengertian dan kerjasama Anda dapat membantu kami meningkatkan kualitas sistem dan formulir ini. Terima kasih.

Prosedur Legalisir Tingkat Fakultas Bertandatangan Basah (Terbatas)

Bila terdapat pertimbangan yang memerlukan legalisir berkas kelulusan bertanda tangan basah dalam level fakultas (dikenai biaya):

Legalisir hanya dapat dilakukan pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat**

Prosedur yang harus diikuti sebagai berikut:

  1. Mendatangi kantor PPAA FISIP UI dengan wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, tinjau Sistem Tiket FISIP UI untuk detil informasi protokol kesehatan.
  2. Menunjukkan ijazah dan/atau transkrip ASLI kepada staf layanan.
  3. Membawa lembar salinan/fotocopy ijazah & transkrip ukuran A4/Folio/F4 untuk diserahkan ke loket layanan PPAA FISIP UI.
    • Ijazah : maksimal 5 lembar
    • Transkrip : maksimal 5 lembar
  4. Setiap lembar dikenakan biaya Rp. 5.000,- dan dibayarkan secara transfer ke rekening berikut :
Bank BNI
1273 000 295
a.n UNIVERSITAS INDONESIA
Salinan bukti transfer dapat diberikan ke loket atau unggah ke situs ppaa.fisip.ui.ac.id/sileg atau melalui e-mail ppaa.fisip@ui.ac.id

Proses legalisir akan memakan waktu yang tidak singkat, hubungi melalui e-mail fisip@ui.ac.id untuk informasi pengambilan atau melalui situs ppaa.fisip.ui.ac.id/sileg

Informasi Akreditasi Program Studi dan Universitas

Keperluan akreditasi program studi dan universitas dapat diakses melalui tautan di bawah ini:

Unit Kemahasiswaan
FISIP UI

Gedung F Lantai 1, Kampus FISIP UI, Depok
E-mail : kemahasiswaan.fisip@ui.ac.id

(Mohon Dibaca Dengan Seksama) Informasi Dasar Layanan Daring Unit Kemahasiswaan

Layanan Kantor Unit Kemahasiswaan FISIP UI ditutup sementara dan hanya beroperasi secara daring.

Keperluan surat administrasi pertukaran mahasiswa (student exchange), rekomendasi mengikuti lomba tatap muka, izin tidak mengikuti perkuliahan, magang pribadi tatap muka, atau kegiatan kemahasiswaan apapun yang bertujuan ke luar negeri, pada saat ini tidak dapat diproses.

Hanya kebutuhan surat menyangkut rekomendasi beasiswa, rekomendasi tinggal di asrama, rekomendasi mengikuti perlombaan secara daring, dan magang pribadi secara daring yang dapat dilayani saat ini.

Dimohon untuk mengikuti alur yang berlaku di bawah ini. Unit Kemahasiswaan FISIP UI akan menghubungi Anda, baik dalam hal verifikasi (termasuk klarifikasi) dan pengiriman berkas yang dimohon akan dikirimkan secara daring melalui surel.

Mengingat diberlakukannya penyesuaian operasional dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus Universitas Indonesia, mahasiswa dihimbau untuk tidak diperkenankan untuk mendatangi Kantor Unit Kemahasiswaan FISIP UI .

Pengajuan Kebutuhan Surat Kemahasiswaan

Keperluan surat administrasi pertukaran mahasiswa (student exchange), izin tidak mengikuti perkuliahan, atau kegiatan kemahasiswaan apapun yang bertujuan ke luar negeri, pada saat ini tidak dapat diproses mengingat kebijakan pencegahan penyebaran Covid-19 yang sedang diberlakukan di lingkungan Universitas Indonesia.

Kami mohon pengertian Anda untuk tidak mengisi formulir ini bila kebutuhan surat Anda menyangkut pada kebijakan ini.

Hanya kebutuhan surat menyangkut rekomendasi beasiswa dan rekomendasi tinggal di asrama yang dapat kami layani saat ini.

Bagian 1 | Informasi Dasar

Silahkan mengisi data Anda. Mohon ikuti ketentuan berikut:

Apabila Anda memerlukan surat keterangan untuk keperluan administrasi, baik untuk keperluan orangtua Anda (tunjangan anak/BPJS/dsb.) maupun keperluan institusi Anda, silahkan mengisi permohonan melalui laman SIKES PPAA FISIP UI, dan tidak mengisi formulir ini.

 

Bagian 2 | Keperluan Anda

Mohon isi keperluan Anda dengan seksama. Pengajuan pada laman ini disarankan hanya dilakukan satu kali per pengajuan untuk memudahkan pendataan oleh staf Kemahasiswaan FISIP UI.

Untuk keperluan:

  1. "Magang Pribadi" adalah magang yang tidak termasuk dalam mata kuliah/SKS Anda. Untuk keperluan magang mata kuliah/SKS, Anda harus mengisi SIKES PPAA FISIP UI dan tidak mengisi formulir ini.
  2. "Izin Meninggalkan Kelas" tidak tersedia selama Pendidikan Jarak Jauh masih diberlakukan di Universitas Indonesia. 
  3. "Bimbingan Konseling", masih belum tersedia dan menunggu keputusan Universitas Indonesia dan fakultas terkait bimbingan yang bersifat tatap muka.

Kami berhak menunda atau menolak pengajuan Anda apabila terdapat indikasi pelanggaran maupun hal-hal yang berada di luar ketentuan penyelenggaraan kegiatan perkuliahan maupun kegiatan lainnya, baik di dalam lingkungan Universitas Indonesia maupun mitra.

Bagian 3.1 | Rekomendasi Mendapat Beasiswa

Bagian 3.2 | Rekomendasi Mengikuti Lomba (Daring)

Bagian 3.3 | Magang Pribadi (Daring)

Bagian 3.4 | Izin Meninggalkan Kelas


Pernyataan Persetujuan


Informasi Penting!

Proses pengajuan dapat dikatakan selesai apabila setelah menekan tombol Kirim, formulir ini secara otomatis tertutup dengan dialog konfirmasi final, lengkap dengan tabel ringkasan pengajuan Anda.

Mohon tidak menekan tombol berkali-kali untuk mencegah data ganda/duplikat.
Hiraukan notifikasi error yang (mungkin) muncul setelah Anda menekan tombol kirim. 

Pengertian dan kerjasama Anda dapat membantu kami meningkatkan kualitas sistem dan formulir ini. Terima kasih.

 

Layanan Administrasi Lainnya

Kantor Unit Hubungan Masyarakat
Gedung A Lantai 1, Kampus FISIP UI, Depok

E-mail : fisip@ui.ac.id

(Mohon Dibaca Dengan Seksama) Informasi Dasar Layanan Daring Administrasi Unit Lainnya

Layanan Administrasi dan Operasional di Lingkungan FISIP UI ditutup sementara dan hanya beroperasi secara daring dan terbatas.

Bagi Anda yang memerlukan layanan informasi HUMAS FISIP UI, hendak mengirimkan undangan ke Sekretariat Pimpinan FISIP UI maupun lainnya, silahkan menggunakan formulir di bawah ini.

Dimohon untuk mengikuti alur yang berlaku melalui  kanal di bawah ini. Unit terkait di FISIP UI akan menghubungi Anda, baik dalam hal verifikasi (termasuk klarifikasi) dan pengiriman berkas yang dimohon akan dikirimkan secara daring melalui surel.

Mengingat diberlakukannya penyesuaian operasional dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus Universitas Indonesia, mahasiswa dihimbau untuk tidak mengunjungi FISIP UI .

Ajukan Pertanyaan/Informasi Layanan FISIP UI Lainnya

Bagi Anda yang memerlukan layanan informasi HUMAS FISIP UI, hendak mengirimkan undangan ke Sekretariat Pimpinan FISIP UI maupun keperluan lainnya, silahkan menggunakan formulir di bawah ini.

Bagian 1 | Informasi Dasar

Silahkan mengisi data Anda. Mohon ikuti ketentuan berikut:

 

Bagian 2 | Keperluan Anda

Mohon isi keperluan Anda dengan seksama.

Bagian 2.10 | Pengiriman Berkas Kelulusan FISIP UI untuk Lanjut Studi di Universitas Mitra

Kami memberikan dukungan kepada lulusan FISIP UI untuk dapat melanjutkan studinya di universitas mitra (domestik dan internasional). Pengiriman berkas kelulusan ini dalam rangka sebagai bentuk verifikasi antar lembaga untuk memudahkan proses penerimaan di universitas mitra.

Apabila Anda adalah lulusan FISIP UI yang sedang mengikuti proses penerimaan di universitas mitra dan memerlukan pengiriman surel verifikasi resmi (menunjukkan bahwa Anda adalah benar merupakan lulusan FISIP UI) dari FISIP UI untuk universitas mitra, maka silahkan mengisi formulir tambahan ini.

Informasi detil yang diberikan akan membantu kami dalam memproses permohonan dan memudahkan pengiriman surel resmi atas nama FISIP UI kepada universitas mitra. Kami akan memberi salinan (cc) surel kepada Anda sebagai tanda bukti pengiriman. 


Pernyataan Persetujuan


Informasi Penting!

Proses pengajuan dapat dikatakan selesai apabila setelah menekan tombol Kirim, formulir ini secara otomatis tertutup dengan dialog konfirmasi final, lengkap dengan tabel ringkasan pengajuan Anda.

Mohon tidak menekan tombol berkali-kali untuk mencegah data ganda/duplikat. Hiraukan notifikasi error yang (mungkin) muncul setelah Anda menekan tombol kirim. 

Pengertian dan kerjasama Anda dapat membantu kami meningkatkan kualitas sistem dan formulir ini. Terima kasih.