Pilih Laman

“Ho Chi Minh pada waktu usia 28 tahun sangat disegani ketika dia bersama rekan-rekannya mengalahkan Perancis pada bulan Mei 1954. Ho Chi Minh memperjuangkan negaranya ditengah dominasi negara -negara berkuasa, seperti Perancis, Inggris, Amerika Serikat. Setelah kesuksesannya mengalahkan dominasi Perancis, beliau berkesempatan mengunjungi Indonesia. Pada saat itu, ucapan Ho Chi Minh menginspirasi Soekarno yangberbicara di depan mahasiswa-mahasiswa di Jakarta tentang bagaimana perjalanan seseorang yang begitu sederhana dan santun, yang tidak pernah merasakan jenjang pendidikan formal, mampu membebaskan negaranya dari penjajahan kolonial” demikian paparan dari Prof.Dr.Juwono Sudarsono dalam Lokakarya Nasional Kurikulum Program Studi Ilmu Hubungan Internasional.
Lokakarya nasional ini diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI bekerjasama dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII), sebuah asosiasi keilmuan dan profesi yang menghimpun para akademisiilmu Hubungan Internasional di Indonesia.Tujuan dari diadakannya Lokakarya Nasional ini adalah untuk menyusun standar dalam kurikulum ilmu Hubungan Internasional di Indonesia, khususnya berupa capaian pembelajaran program studi yang disesuaikan dengan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Beberapa kampus yang berpartisipasi didalam kegiatan ini diantaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Mulawarman, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, Universitas Cendrawasih, dan lain-lain.
Selain itu juga hadir perwakilan dari World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia yang merepresentasikan kalangan Lembaga Swadaya Masyarakat. Dari sektor pemerintahan, lokakarya ini akan menghadirkan perwakilan dari Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, dan Pemerintah Daerah. Juga akan hadir didalam kegiatan lokakarya ini beberapa tokoh, seperti Makarim Wibisono (Duta Besar RI untuk PBB di Jenewa tahun 2004 – 2007), dan tokoh-tokoh lain. Lokakarya ini diselenggarakan pada tanggal 3-4 Juni 2014 di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI.
Dalam sambutannya Dekan FISIP UI Dr.Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc, mengatakan “diharapkan ada sinkronisasi dan kesamaan kurikulum serta berlaku secara nasional hasil dari lokakarya ini, bahkan lokakarya ini sangat membantu Pemerintah dalam kurikulum Ilmu Hubungan Internasional”.

Artikel Lainnya:  Arah Kebijakan Pemolisian Komunitas dalam Penanggulangan Kecelakaan Lalu Lintas di Polda Metro Jaya