Select Page

Dara Nasution, perempuan kelahiran Kota Pematangsiantar merupakan lulusan terbaik FISIP UI 2017 dengan IPK sempurna 3,9 yang diterima di tiga perguruan tinggi dunia yang masuk daftar 10 perguruan tinggi terbaik di dunia, yakni London School of Economics, Oxford, dan Cambridge. Dara akhirnya memilih Oxford untuk melanjutkan studinya dan mendapatkan beasiswa, ia memilih jurusan Magister Public Policy.

“Saya juga awalnya tidak menyangka bisa diterima di London School of Economics, Oxford, dan Cambridge sekaligus. Kalau di ingat-ingat background saya anak daerah dari Pematangsiantar, ayah saya cuma office boy jadi saya tidak punya privilege. Tapi dari background hidup saya yang seperti itu saya merasa tahan banting, dari SD sampai kuliah berusaha untuk ranking satu karena diajarin sama orang tua harus sekolah tinggi agar bisa merubah nasib” Jelas Dara.

Usai menyelesaikan pendidikan tingkat menengah atas, melanjutkan studi sarjana di Universitas Indonesia (UI) dan memilih jurusan Ilmu Komunikasi Massa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada 2013. Saat kuliah. Lahir di keluarga sederhana dan lingkungan yang biasa, tidak menghalangi Dara untuk terus berprestasi.

Dara memberikan tips raih beasiswa, “pertama harus mengenali diri sendiri termasuk kenapa harus melanjutkan S2, kenapa memilih jurusan tertentu, rencana hidup setelah lulus seperti apa, biasanya hal tersebut yang ditanyakan oleh pemberi beasiswa. Kedua, kita butuh banyak bantuan maka kita harus tetap menjalin silahturahmi seperti ke dosen sewaktu kita S1 karena butuh surat rekomendasi atau kasih masukan untuk essay. Ketiga siapkan enegri, waktu dan biaya serta mental karena saya pun tidak langsung diterima beasiswa, saya ditolak di LPDP tetapi terus mencoba dan tidak menyerah akhirnya saya diterima beasiswa Jardine.”

sumber pemberitaan ini diambil dari https://www.metrotvnews.com/play/kBVCRv37-tips-raih-beasiswa-ala-mahasiswa-oxford