Pilih Laman

Enam mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melaksanakan kegiatan riset lapangan di wilayah Sukmajaya dan Pancoram Mas, Kota Depok. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh  Riset, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat FISIP UI. Mahasiswa tersebut ialah Derry Fahrizal Ulum, Helena Taruli, Lola Mulyantika, Dewi Risty Utami, dan Sarah Azzahrah dari jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI.

FISIP UI yang terletak di wilayah Depok,  berupaya untuk dapat terlibat dalam pembangunan Kota Depok, khususnya di wilayah yang dekat dengan kampus UI. Berdasarkan Pendataan Program Perlindungan Sosial tahun 2011 (PPLS 2011) terlihat bahwa Pancoran Mas dan Sukmajaya merupakan wilayah yang di dalamnya terdapat rumah tangga sasaran (RTS). Terdapat 7.370 RTS di wilayah Pancoran Mas dan 3.908 RTS di wilayah Sukmajaya dimana RTS pada kedua wilayah ini dikenal beberapa program penanggulangan kemiskinan. Untuk itu, FISIP UI mempersiapkan program Pengabdian Masyarakatnya pada kedua wilayah tersebut sebagai wilayah yang nantinya dapat digunakan oleh sivitas akademika FISIP UI dalam mengaplikasikan ilmunya yang diharapkan juga akan membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah kampus UI.

Artikel Lainnya:  Komodifikasi Wartawan di Era Konvergensi Media

“Seru, berhubungan langsung sama masyarakat dan bisa mengaplikasikan ilmu juga,” kata Dewi Risty Utami, salah seorang pelaksana lapangan.Mahasiswa tersebut didampingi oleh ketua pelaksana Kania Saraswati H dan Zahra serta Getar Hati yang akan mengarahkan penelitian di lapangan. Manajer Riset, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat FISIP UI Dwi Ardhanariswari Sundrijo, S.Sos, MA bertugas sebagai penanggung jawab terhadap penelitian ini.

“Kita akan selalu mengidentifikasi masalah, kebutuhan, dan potensi di lapangan untuk segera dikumpulkan dan dianalisis datanya,” kata Derry Fahrizal Ulum, satu-satunya laki-laki dalam pelaksana lapangan di penelitian ini. “Prof Isbandi, Mbak Kania, Mbak Getar, dan Mbak Zahra serta pihak-pihak lainnya selalu memberikan arahan,” ujarnya. Adapun rangkaian kegiatan Assessment pada Komunitas di Wilayah Sukmajaya dan Pancoram Mas, Program Pengabdian Masyarakat FISIP UI ini memiliki beberapa tujuan yakni:

  1. Menjalin relasi antara FISIP UI dengan pemerintah dan masyarakat di wilayah
  2. Mengidentifikasikan permasalahan yang ada di wilayah Sukmajaya dan Pancoran Mas;
  3. Mengidentifikasikan kebutuhan yang ada di wilayah Sukmajaya dan Pancoran Mas;
  4. Mengidentifikasikan potensi yang ada di wilayah Sukmajaya dan Pancoran Mas.
Artikel Lainnya:  Sidang Promosi Doktor: Fayakhun Andriadi (Program Studi Ilmu Politik)