Pilih Laman

Mahasiswa FISIP UI (Tri Nopiyanto, Heru Utomo Adji, dan Wahyu Juliangga) berhasil meraih juara 1 dalam Lomba Penulisan Esai National Governance Days 2016 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Padjadjaran (Unpad).

Sebuah esai inovasi kebijakan publik berjudul “Kebijakan Pemberian Rating Sesuai Usia Penonton terhadap Program Stasiun Televisi” dipresentasikan oleh Tri, Heru, dan Wahyu dihadapan dewan juri. Esai ini dilatarbelakangi dari kondisi siaran televisi saat ini yang masih belum memberikan siaran yang layak ditonton oleh semua kalangan. Hal ini dikarenakan belum adanya regulasi yang jelas mengenai jam tayang sebuah siaran. Oleh sebab itu, tim mengajukan konsep dimana diterapkannya sebuah peraturan mengenai jam tayang yang didasari pada usia penonton.

Dalam rancangan kebijakan ini stasiun televisi diharuskan menyiarkan program yang sesuai dengan rating umur. Misalnya siaran u5 (umur 5 tahun ke bawah) disiarkan pada jam 16.00—19.00 WIB, sedangkan siaran dewasa pada jam 22.00-05.00 WIB. Maka, televisi pada jam 16.00—19.00 WIB harus menyiarkan program yang ratingnya untuk anak-anak dan siaran dewasa hanya bisa disiarkan setelah jam 22 .00 WIB.

National Government Days (NGD) 2016 merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiwa Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pandjdjaran, dimana kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan sebagai upaya dalam memfasilitasi para mahasiswa untuk dapat berkontribusi melalui ide-ide yang mereka miliki. Kegiatan ini juga dapat menjadi momentum bagi intelektual muda untuk membentuk satu barisan, satu ide di garis perjuangan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang ilmu pemerintahan.

Artikel Lainnya:  Mahasiswa FISIP UI Raih Prestasi di Bidang Penelitian dan Kehumasan

Di tahun 2016 ini, kegiatan NGD mengusung tema “Indonesia Rumah Kita,” yang mana melalui tema tersebut diharapkan muncul rasa kepedulian terhadap rumah sendiri—yakni Indonesia. Sehingga dengan rasa kepedulian tersebut, ide-ide yang tersalurkan dalam kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam memperbaiki Indonesia saat ini.