Select Page

Kenzie Ryvantya mahasiswa program sarjana Ilmu Politik FISIP UI berhasil menyabet Juara 1 Student Forun dan Juara Cultural Bingo Game dalam ajang Asian Universities Alliance Youth Forum (AUAYF) 2022 di Universiti Malaya, Malaysia tanggal 21–25 Maret 2022. Acara ini merupakan konferensi mahasiswa tahunan yang diselenggarakan oleh AUA, perhimpunan universitas-universitas ternama di kawasan Asia, yang mana Universitas Indonesia merupakan salah satu anggota. Setiap tahunnya, AUAYF membahas mengenai isu-isu pembangunan di Asia, mendorong pemberdayaan pemuda, serta mempromosikan pertukaran budaya. Tahun 2022 ini, AUAYF mengangkat tema “Synergizing Regional Identity and The Future of Asian Civilization” dan diikuti oleh kurang lebih 50 peserta dari 15 universitas di Asia. Terdapat beberapa rangkaian acara selama 5 hari, mulai dari webinar pembekalan materi, Cultural Bingo (sesi games), Cultural Showcase (presentasi kebudayaan negara-negara), dan Student Forum (presentasi riset kelompok).

Kontingen UI terdiri dari 6 orang dari latar belakang berbagai fakultas. Kontingen ini  ditugaskan untuk mendiskusikan dan membuat presentasi mengenai satu aspek kebudayaan Indonesia yang akan dipresentasikan pada rangkaian cultural showcase dengan mengusung filosofi Bhinneka Tunggal Ika dalam presentasinya, sebagai bentuk intangible heritage bangsa Indonesia yang sudah diimplementasikan secara turun-temurun selama ratusan tahun. Pada saat hari perlombaaan Kenzie dkk mengenakan pakaian adat Indonesia dari berbagai daerah.

Pada rangkaian student forum para peserta dalam ajang tersebut  dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri  dari universitas lain dan diberikan sebuah topik untuk dikaji dan dipresentasikan. Kenzie bersama mahasiswa lainnya dari berbagai Universitas seperti dari Tsinghua University (Tiongkok), HKUST (Hong Kong), Tokyo University (Jepang), dan Nazarbayev University (Kazakhstan), mempresentasikan dengan  topik “Education to preserve culture and heritage”.

 

Penulis: KR

Editor : AA