Select Page

📣[Melawan “Keletihan Sosial” di Masa Pandemi]📣

Setelah beberapa fase pembatasan sosial, terlihat indikasi dimana masyarakat menjadi semakin tidak peduli akan kondisi pandemi yang berkepanjangan sehingga mengakibatkan kejenuhan, dan semakin mengabaikan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Fenomena ini disebut sebagai social fatigue (keletihan sosial) atau pandemic fatigue. Ini adalah kondisi dimana kondisi mental masyarakat sudah jauh menurun dalam usaha melawan pandemi. Kondisi ini adalah fenomena global yang terjadi di hampir semua belahan dunia. Contoh di Amerika Serikat, survey Gallup pada awal tahun 2021 menunjukkan semakin sedikit orang yang mewaspadai virus ini.

Keletihan sosial ini berbahaya karena masyarakat menjadi semakin skeptis terhadap kebijakan pemerintah, kurang responsif terhadap pesan yang disampaikan dalam kampanye publik, dan kurang peduli pada protokol kesehatan. Kasus kerumunan di tempat hiburan, acara sosial dan kegiatan politik adalah penanda yang jelas dari kondisi keletihan sosial ini. Alih-alih semakin waspada, masyarakat mulai menerima hidup dengan pandemi yang merupakan new normal namun dengan sikap dan perilaku yang tidak berbeda dengan sebelumnya, alias masih old normal”.

Pendekatan baru yang bersifat multidisiplin inilah yang  diperlukan untuk memecahkan masalah ini dengan hadirnya diskusi panel ini yang bertujuan mengupas solusi praktis untuk mendukung usaha mitigasi pandemi COVID-19 secara lebih efektif dengan melibatkan pakar dan praktisi di bidang Sosiologi, Kesehatan Masyarakat, Komunikasi dan Pemerintahan.

Para pembicara:

⚪ Baequni Boerman, SKM, MKes, Ph.D (Ketua Pengda IAKMI DKI Jakarta dan Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Terlibat dalam penyusunan Perang Akar Rumput COVID-19 (PARC-19);

⚪ Dr. phil. Idhamsyah Eka Putra
(Dosen Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia, yang juga sebagai Direktur Division for Applied Social Psychology Research (DASPR);

⚪ Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc (Guru Besar Sosiologi FISIP UI yang akan berbagi hasil riset tentang kepatuhan masyarakat pada protokol kesehatan di masa pandemi mewakili tim peneliti Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial Politik FISIP UI)

Moderator:
Imam B Prasodjo, MA, Ph.D.
(Dosen Departemen Sosiologi FISIP UI)

Acara akan diselenggarakan pada :
📅Kamis, 25  Februari 2021
⏰Pukul 09.00 – 12.00 WIB

Kegiatan ini merupakan  salah satu bagian dari Selo Soemardjan Memorial Discussion–Panel Session yang merupakan salah satu acara yang termasuk dalam rangkaian Dies Natalis FISIP UI ke–53.

Tautan registrasi👇
https://bit.ly/panelsessiondiesfisipui53

Live Youtube:
https://bit.ly/youtube-panelsessiondiesfisipui53

DiesNatalisFISIPUI53
TetapSemangat
TerusBerprestasi
DanBerkontribusi