Pilih Laman

Isu-isu mengenai lingkungan adalah salah satu objek perhatian media massa. Meningkatnya kerusakan alam yang mengakibatkan naiknya suhu permukaan bumi adalah alasan mengapa isu tersebut penting untuk dikemukakan oleh media massa. Untuk mengetahui bagaimana peran media dalam memberikan pemahaman mengenai isu lingkungan, maka diadakanlah bedah buku berjudul Komunikasi Lingkungan: Peran Media Massa dalam Edukasi Kesadaran Lingkungan karya Dr. Donna Asteria, dosen Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI.

Dalam acara bedah buku yang diadakan pada Selasa (27/9/2016) di Lantai 3 Miriam Budiarjo Research Centre itu, Donna memaparkan gagasan-gagasan yang tertuang dalam bukunya tersebut. Dia mengatakan bahwa isu lingkungan adalah satu isu yang penting namun belum banyak wartawan yang mengabarkan isu ini dengan maksimal. Padahal, pembahasan mengenai isu ini penting untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat luas.

Artikel Lainnya:  Sneak Peek of Indonesia Ethnography Collection in Volkenkunde Museum

Melalui buku ini, Donna berusaha menunjukan bagaimana komunikasi lingkungan menjadi suatu faktor penting dalam mendukung keberhasilan melindungi dan menjaga lingkungan. Hal itu menjadi sangat penting dalam melakukan pembangunan yang berkelanjutan.

Selain itu, dalam buku ini Donna menjelaskan produksi simbolisasi yang dilakukan media dalam menggambarkan masalah lingkungan. Simbol-simbol tersebut tertuang dalam bentuk teks maupun gambar yang hadir di media. Pemahaman simbol ini penting dalam usaha produksi pesan agar dapat membentuk persepsi khalayak terhadap isu lingkungan yang ingin disampaikan.

Selain paparan dari penulis, acara dihadiri pula oleh Jo Kumala Dewi selaku perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI serta Raymond Michael Menot. Jo menyatakan bahwa buku Komunikasi Lingkungan ini menjadi satu hal yang penting, mengingat adanya urgensi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kondisi lingkungan hidup. Sementara itu, Raymond menekankan dari segi bahwa manusia tidak pernah berhenti mencari kepuasan, sehingga isu kesadaran lingkungan menjadi suatu hal yang penting untuk dibahas.

Artikel Lainnya:  Departemen Ilmu Komunikasi Jajaki Kerjasama dengan University of Missouri