Pilih Laman

Departemen Sosiologi FISIP UI kembali meluluskan satu lagi doktornya. Liesda Dahlan, dosen Universitas Tadulako Sulawesi Selatan resmi meraih gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasi dalam sidang doktoralnya pada Kamis (21/12). Disertasinya yang berjudul “Dominasi Ruang Sosial Perkotaan di Makassar” menganalisis pembentukan ruang sosial di kota Makassar. Ruang sosial yang Ia maksud mencakup seluruh lahan tempat beragam kegiatan sosial dan interaksi sosial terjadi.

Berangkat dari kegelisahan akan hilangnya ruang sosial yang bebas untuk seluruh lapisan masyarakat, Ia menyoroti dinamika perubahan ruang sosial yang ada sejak zaman kerajaan hingga masa setelah reformasi. Dari hasil penelitiannya, Ia menemukan bahwa penggunaan ruang sosial pada zaman kerajaan yang berpola segregasi sosial pada kelompok-kelompok etnis berubah menjadi dominasi etnis tertentu pada era setelah reformasi. Diperkuat pula dengan adanya ekonomi constraint yang bersifat struktural sehingga kian mendorong terjadinya dominasi pada ruang sosial dan hilangnya kekuasan kultural.

Artikel Lainnya:  Seminar Politik Pajak Capres 2014

Sidang yang diselenggarakan di Auditorium Juwono Sudarsono ini diketuai langsung oleh Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc., dan dipromotori oleh Prof. Dr. Der.Soz. Gumilar Rusliwa Soemantri.