Select Page

Mahasiswa magang Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI, Naila Syifa mendapatkan kesempatan untuk magang di ASEAN Foundation selama lima bulan, mulai dari bulan Oktober 2021 sampai dengan Februari 2022. Ia membagikan pengalaman selama magangnya.

“Saya melakukan magang karena ingin mendapatkan pengalaman kerja di dunia nyata, menerapkan apa yang sudah saya pelajari di kampus, mengasah kemampuan baik hard skills maupun soft skills, serta memperluas koneksi saya,” jelas Naila.

Naila memilih magang di ASEAN Foundation karena ia memang tertarik dengan lingkungan kerja internasional. Di ASEAN Foundation, Naila merasakan pengalaman kerja di lingkungan multikultural yang melibatkan interaksi dengan senior, kolega, ataupun mitra dari berbagai negara berbeda baik di ASEAN maupun negara luar ASEAN, “saya memilih magang di ASEAN Foundation karena posisi magang yang tersedia (yaitu sebagai Communications Intern) sesuai dengan minat, kemampuan, dan jurusan saya.”

“Tanggung jawab saya sehari-hari dalam pengembangan konten untuk berbagai program ASEAN Foundation yang merupakan kolaborasi dengan berbagai perusahaan multinasional, seperti SAP (ASEAN Data Science Explorers dan ASEAN Young Climate Leaders Programme), Google (ASEAN Digital Literacy Programme), Huawei (ASEAN Seeds for the Future), dan Microsoft (ASEAN Cybersecurity Skilling Programme),” ujar Naila.

Naila mendapatkan berbagai tugas selama magang, tidak hanya itu saja, lebih lanjut ia menjelaskan tugasnya dalam pengembangan konten ini dimulai dari ideasi, eksekusi, monitoring, hingga evaluasi. Konten yang dikembangkan sifatnya beragam, ada konten promosi, edukasi, dan konten interaktif. Bentuknya juga bisa dalam bentuk visual, video pendek, artikel website, ataupun juga dalam bentuk e-newsletters.

“Selain tanggung jawab sehari-hari tersebut, saya juga memiliki tanggung jawab yang sifatnya insidental (tergantung kebutuhan atau permintaan). Beberapa di antaranya menjadi MC untuk beberapa acara internasional ASEAN Foundation, merancang speech untuk Ambassador dan juga Executive Director, melakukan laporan monitoring performa media sosial bulanan. Melalui berbagai aktivitas yang saya lakukan selama magang, saya juga jadi belajar untuk mengoperasikan software-software digital seperti Google Analytics, MailChimp, Crowdfire, dan Meltwater,” jelas Naila.

Adanya kesulitan yang dirasakan oleh Naila selama magang tidak menyurutkan semangatnya apalagi ia masih harus menjalankan tanggung jawab dan kewajibannya dalam perkuliahan, “manajemen waktu menjadi hal yang paling menantang bagi saya ketika melakukan magang sembari menjalankan kuliah. Menjadi kesulitan adalah ketika terjadi bentrok antara jadwal kelas saya dan jadwal rapat magang. Saya jadinya harus menghadiri keduanya bersamaan dan saya merasa kesulitan untuk membagi fokus.”

Ia juga berharap departemen/program studi ilmu komunikasi memberikan informasi terkait magang atau bekerja sama dengan perusahaan atau alumni supaya mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman magang di perusahaan terkait, “untuk mendapat magang ini, saya perlu mencari informasinya sendiri dan prosesnya juga tidak mudah. Saya rasa, akan sangat baik apabila baik prodi ataupun fakultas dapat memfasilitasi ini,” ujar Naila menutup wawancara dengan reporter Humas FISIP UI.

Selain di ASEAN Foundation, mahasiswa FISIP juga melaksanakan magang di banyak perusahaan atau instansi pemerintahan:

  1. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kemendikbud
  2. Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional
  3. Badan Siber dan Sandi Negara Republik Inonesia
  4. Biro Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi DKI Jakarta
  5. BTPN Syariah
  6. KAMPUS MERDEKA BANK INDONESIA (KMBI)
  7. Kementerian Badan Usaha Milik Negara
  8. Kementerian Dalam Negeri
  9. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  10. Kementerian Pemuda dan Olahraga
  11. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
  12. Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia
  13. Kementerian Sosial
  14. Lembaga Kebudayaan Betawi
  15. Prestasi Junior Indonesia
  16. PT Environesia Global
  17. PT Rajawali Nusantara Indonesia
  18. Penta Natural Kosmetindo
  19. Ruang Berproses
  20. Sari Pacific Jakarta
  21. Shopee Indonesia
  22. ASEAN Institute for Peace and Reconciliation (ASEAN-IPR)
  23. Asia Justice and Rights (AJAR)
  24. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Republik Indonesia
  25. Ditjen Amerika dan Eropa
  26. Fraksi PKS DPR RI
  27. Humas Fraksi PKS DPR RI
  28. Kementerian Keuangan RI
  29. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
  30. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
  31. Kementerian Pertahanan Republik Indonesia
  32. Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia
  33. Kepolisian Negara Republik Indonesia
  34. NBC-Interpol Indonesia
  35. Yayasan WWF Indonesia
  36. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Tengah
  37. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi
  38. Kementerian PPN (Perencanaan Pembangunan Nasional) / BAPPENAS
  39. Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek
  40. PT ASABRI (Persero) Semarang
  41. PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)