Pilih Laman

Kamis (27/9), Departemen Hubungan Internasional (HI) FISIP UI bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia menyelenggarakan forum Debriefieng, sebuah forum tahunan yang diselenggarakan untuk diseminasi capaian kinerja para perwakilan Republik Indonesia yang telah menyelesaikan tugasnya di luar negeri. Tahun ini adalah kali keempat forum ini diselenggarakan.

Bertema “Membangun Kerangka Kemitraan Pembangunan melalui Pengembangan Kerjasama Bilateral, Regional dan Multilateral”, forum ini menghadirkan Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kemenlu RI, Dr. Siswo Pramono, SH, LLM., PhD., dan dua duta besar RI sebagai pembicara. Duta Besar RI untuk Republik Portugal, Mulya Wirana, SH, berbicara mengenai hubungan bilateral yang terjalin antara Indonesia dan Portugal. Sementara, Diar Nurbintoro, S.H., M.H., Duta Besar RI untuk Rumania merangkap Republik Moldova berbicara tentang pengalamannya ketika sedang bertugas di Bucharest.

Artikel Lainnya:  20 Mahasiswa HI Ikuti Program Jenesys

Prof. Dr. Doddy Prayogo, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FISIP UI menyambut hangat terselenggaranya forum ini. Ia menyebut bahwa forum ini merupakan kesempatan bagus yang akan memberikan manfaat besar bagi Kemenlu ataupun bagi Departemen HI.

“Satu, hasil diskusi akan menjadi tulisan akademik dalam jurnal atau bunga rampai. Yang kedua, (bagi) Kemenlu adalah policy dan skenario yang menunjukkan kata kunci untuk ke depan. Dan yang ketiga adalah jaringan itu sendiri yang diperluas”, ucap Prof. Doddy.

Selain pembicara, hadir pula Dr. Fredy Buhama Lumban Tobing, Dosen Senior Departemen HI FISIP UI / Executive Director Centre for International Relations Studies (CIRES) sebagai pembahas yang memberikan pandangan atas pemaparan masing-masing pembicara dari perspektif akademis. Diskusi yang berlangsung selama dua setengah jam di Auditorium Juwono Soedarsono ini dimoderatori oleh Aisha Rasyidila Kusumasoemantri, M.Sc, Dosen Departemen HI FISIP UI.

Artikel Lainnya:  Menumbuhkan Kampus Kepedulian, Inovasi Sosial serta Kewirausahaan Sosial