Pilih Laman

Program Doktoral Ilmu Sosiologi berhasil meluluskan satu lagi doktornya. Adalah Moh. Taqiuddin, dengan disertasi yang membahas tentang struktur sosial dalam proses perubahan. Studi kasus yang Ia ambil adalah pembelajaran agrometeorologi dalam “Warung Ilmiah Lapangan” pada dinamika struktur sosial petani sawah tadah hujan di pulau Lombok.  Pembelajaran agrometeorologi sendiri merupakan edukasi baru bagi para petani untuk meneliti, mengamati, dan memahami perilaku curah hujan serta implikasinya bagi lahan maupun pertumbuhan tanaman secara lebih baik mengikuti prosedur-prosedur ilmiah.

Penelitian etnografi yang dilakukan selama 6 bulan musim tanam pada komunitas petani sawah tadah hujan di Desa Pandan Wangi-Lombok Timur ini hasilnya menunjukkan bahwa terjadi proses-proses perubahan struktur sosial komunitas petani sawah tadah hujan. Hal tersebut disebabkan karena adanya tindakan aktif para agensi dari kalangan ‘petani biasa’ yang memperoleh peran ‘baru’ sehingga menempati posisi seperti para ‘tokoh’ yakni sumber informasi penting dalam pengambilan keputusan pertanian di tengah situasi perubahan iklim.

Moh. Taqiuddin berhasil mempertahankan disertasinya di sidang doktoralnya yang diketuai langsung oleh dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo dengan promotor Prof. Dr. Robert M.Z Lawang.

 

Artikel Lainnya:  University of Groningen Tawarkan Kesempatan Studi S3 untuk Dosen FISIP