Menjadi Perwujudan Peran Olahraga dalam Bidang Akademik, Turnamen FISIP UI Open 2024 Resmi Dibuka

Depok, 19 Juni 2024 – Turnamen FISIP UI Open 2024 hari ini resmi dibuka. Pembukaan dilakukan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Profesor Dr. Semiarto Aji Purwanto di Balairung UI, Depok. FISIP UI Open 2024 merupakan turnamen bulutangkis yang telah menyandang predikat turnamen swasta nasional, serta didukung langsung oleh Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Turnamen ini akan diselenggarakan mulai hari ini hingga 26 Juni 2024, di Balairung Universitas Indonesia. Balairung dipilih kembali menjadi lokasi perhelatan, setelah turnamen FISIP UI Open 2023 juga dilaksanakan di tempat yang sama.

Dalam video sambutan pada pembukaan FISIP UI Open 2024, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D, mengatakan, “Turnamen ini adalah salah satu kebanggaan bagi kami.  FISIP UI Open menjadi perwakilan komitmen Universitas Indonesia untuk mendukung perkembangan olahraga di tanah air, menjadi kawah candradimuka yang melahirkan calon-calon atlet kebanggaan bangsa, dan yang paling penting untuk melahirkan generasi muda penerus bangsa, yang tidak hanya cerdas, tetapi juga sehat jiwa dan raga.”

Selain dihadiri oleh dekan FISIP UI yang kerap disapa Prof. Aji, prosesi pembukaan ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Bambang Shergi Laksmono (Ketua Dewan Guru Besar FISIP UI), Edy Prasetyono, Ph.D. (Penggagas FISIP UI Open), Abed Nego Setiawan (Ketua Umum PBSI Depok), serta Herry Suprianto (Ketua KONI Depok).

“Turnamen bulutangkis ini sejalan dengan komitmen menjadikan UI sebagai Kampus Bulutangkis Nasional, dan menjadikan FISIP UI Open sebagai kawah pembinaan atlet pelajar Indonesia. Turnamen ini menjadi perwujudan dedikasi FISIP UI untuk pengembangan masa depan olahraga bulutangkis dan memperkuat peran olahraga dalam bidang akademik,” uja Prof. Aji.

Ia menambahkan, “melalui FISIP UI Open yang telah diselenggarakan secara konsisten setiap tahun ini, kami berharap dapat berkontribusi dalam mengembangkan olahraga bulutangkis nasional di tanah air dan melahirkan bibit-bibit unggul yang kelak akan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.”

Pada acara pembukaan, Prof. Aji bersama beberapa tamu undangan dan panitia melakukan serve ceremonial, yaitu secara simbolis melakukan servis permainan bulutangkis dan mengejar satu poin untuk menandakan dimulainya turnamen FISIP UI Open 2024.

Berbeda dengan tahun lalu, FISIP UI Open 2024 dilaksanakan di bulan Juni, yang juga bertepatan dengan liburan sekolah. Diharapkan, para atlet akan lebih leluasa untuk mengikuti pertandingan secara maksimal.

Turnamen ini akan dilaksanakan dengan 22 kategori umur dan diikuti oleh total 1.085 atlet dari seluruh Indonesia. Pada hari pertama, turnamen akan dibuka dengan pertandingan dari empat kategori sepanjang hari, yaitu kategori Tunggal Anak-Anak Putra (TAPA U-13), Tunggal Anak-Anak Putri (TAPI U-13), Tunggal Pemula Putra (TPA U-15), dan Tunggal Remaja Putra (TRA U-17).

“FISIP UI Open tahun ini diikuti oleh perwakilan atlet asal klub dari 14 provinsi. Tahun depan tentu kami berharap jumlahnya akan terus meningkat”, ujar Ravinoldy Boer, Ketua Panitia Pelaksana FISIP UI Open 2024.

Karena dilakukan bertepatan dengan musim libur sekolah, turnamen ini dapat menjadi salah satu pilihan destinasi liburan serta hiburan yang menarik dan juga menambah pengetahuan terkait dengan bulutangkis bagi khalayak umum. Turnamen FISIP UI Open 2024 ini juga menyediakan berbagai fasilitas, salah satunya adalah tersedianya tenant yang menawarkan berbagai varian makanan dan minuman.

Turnamen FISIP UI Open juga mendapatkan dukungan dari berbagai sponsor seperti Asuransi Jasindo, Bank BNI, Samsung Mobile, Setiajaya Toyota, PT Krakatau Wajatama Osaka Steel Marketing, Danone Aqua, Bank Mandiri, dan BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, turnamen ini juga didukung oleh media partner, yaitu Bens Radio, CNN Indonesia, detik.com, Televisi UI, Metro TV, Media Indonesia, Medcom.id, Bola.com dan Bola.net.

FISIP UI Open 2024 diharapkan dapat menjadi salah satu sarana bagi para atlet pelajar untuk dapat mengembangkan kemampuan dan berkompetisi secara sehat dalam bidang bulutangkis. Sebagai salah satu kampus dengan reputasi terbaik di Indonesia, serta satu-satunya kampus yang memiliki turnamen bulutangkis swasta nasional, FISIP UI Open 2024 telah menjadi salah satu bagian dan berkontribusi untuk pengembangan bulutangkis di Indonesia, khususnya bagi para atlet pelajar.

Related Posts

Hubungi Kami

Kampus UI Depok
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia
Jl. Prof. Dr. Selo Soemardjan, Depok, Jawa Barat 16424 Indonesia
E-mail: fisip@ui.ac.id
Tel.: (+62-21) 7270 006
Fax.: (+62-21) 7872 820
Kampus UI Salemba
Gedung IASTH Lt. 6, Universitas Indonesia
Jl. Salemba Raya 4, Jakarta 10430 Indonesia

E-mail: fisip@ui.ac.id
Tel.: (+62-21) 315 6941, 390 4722

Waktu Layanan

Administrasi dan Fasilitas
Hari : Senin- Jumat
Waktu : 08:30 - 16:00 WIB (UTC+7)
Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB (UTC+7)

Catatan:
*) Layanan tutup pada hari libur nasional, cuti bersama, atau bila terdapat kegiatan internal.
Skip to content