Pilih Laman

Kemajuan teknologi di bidang komunikasi membuat batas jarak dan waktu menjadi terpangkas. Hal tersebut dimanfaatkan untuk melakukan efisiensi baik dari segi waktu dan biaya ketika mengadakan pertemuan dengan suatu pihak. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi komunikasi di dunia pendidikan dilakukan oleh Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI ketika mengadakan rapat hubungan kerja sama antara Universitas Indonesia dengan University of Houston, Texas, Amerika Serikat pada Rabu (20/1/2016).

Hubungan komunikasi jarak jauh tatap muka tersebut dilakukan oleh Sekretaris Departemen Ilmu Komunikasi, Dewi Chandra Kirana, S.Sos, MSi serta Dra. Rosy Tri Pagiwati, MA selaku dosen dengan Director and Associate Professor University of Houston, Temple Northup, Ph.D. Dalam sambungan panggilan video melalui program komunikasi dengan teknologi peer-to-peer bernama Skype tersebut, Dewi, Rosy, dan Temple mendiskusikan mengenai kemungkinan terjalinnya kerja sama antara Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI dengan Jack Valenti School of Communication dari University of Houston.

Pertemuan dimulai dengan saling menjajaki dan memperkenalkan mengenai program studi Ilmu Komunikasi dari masing-masing universitas. Dalam kesempatan itu, Dewi menyebutkan bahwa selama ini Departemen Ilmu Komunikasi telah menjalin hubungan dengan berbagai universitas dunia, beberapa di antaranya Curtin University dan Deakin University dari Australia. Menanggapi hal tersebut, Temple menyambut antusias dan mengharapkan kerja sama dapat berlangsung dengan baik.

Artikel Lainnya:  Departemen Ilmu Komunikasi Selenggarakan Pengabdian Masyarakat Bertema Penggunaan Gawai pada Anak Usia Dini

Dari pertemuan tersebut pula Dewi mengharapkan terciptanya kerja sama antara dua pihak universitas. Dewi mengharapkan dapat tercipta kolaborasi dari segi riset, pertukaran pelajar, maupun kontribusi berupa dipublikasikannya riset peneliti Indonesia di jurnal universitas rekanan. Hal itu dilakukan untuk mengasah kemampuan baik pengajar maupun mahasiswa, meningkatkan mutu pendidikan serta membuka kerja sama dan memperluas hubungan antara pihak Universitas Indonesia dengan berbagai universitas lain di dunia.

Adanya interaksi dengan warga global dapat menciptakan iklim yang baik bagi pendidikan Indonesia sehingga lulusannya nanti sudah siap dalam menghadapi persaingan global, terutama dengan adanya kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang telah dimulai per awal 2016 ini.

Artikel Lainnya:  Sidang Promosi Doktor: Ferry Joko Juliantono (Program Studi Sosiologi)

Rapat tatap muka jarak jauh tersebut berlangsung kurang lebih selama 30 menit dan dilakukan di Laboratorium Audio Visual FISIP UI. Selama jalannya pertemuan, tidak terdapat hambatan berupa gangguan sinyal komunikasi sehingga pertemuan pagi itu berjalan dengan lancar. Berbagai fasilitas yang tersedia di laboratorium tersebut memungkinkan jalannya rapat berlangsung dengan baik.