Pilih Laman

Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag.rer.publ ( Guru Besar Ilmu Administrasi FISIP UI ), menyajikan orasi ilmiahnya berjudul “Memantapkan Reformasi Administrasi untuk Mewujudkan Pemerintahan Demokrasi dan Pembangunan Berkeadilan” yang dipaparkan pada Dies Natalis ke-64 Universitas Indonesia di Balai Sidang UI Depok (3/2).
Prof. Eko Prasojo memaparkan tantangan terberat Indonesia saat ini adalah mewujudkan kelembagaan manajemen pemerintahan (public governance) yang efisien, bersih dari KKN.”Masyarakat juga banyak menuntut kualitas pelayanan publik. Untuk itu, pemerintah harus secepatnya melakukan perubahan di berbagai sektor pelayanan publik. Deregulasi dan debirokratisasi pelayanan publik harus segera dilakukan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” paparnya.
“Tema tersebut saya ambil karena pertama bahwa pemerintahan yang demokratis dan pembangunan berkeadilan yang kita cita-citakan sangat tergantung keberhasilannya pada kemampuan bangsa dan negara ini untuk melakukan reformasi admnistrasi atau reformasi birokrasi,” ungkap Eko.
Kedua,, kata Eko, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 telah menempatkan reformasi administrasi sebagai prioritas pertama dalam program pembangunan nasional. Ketiga, lanjutnya, UI sebagai institusi maupun sebagai individu memiliki kewajiban untuk mendorong percepatan dan pemantapan reformasi administrasi secara nasional.
Ketiga, Universitas Indonesia baik sebagai individu memiliki kewajiban untuk mendorong percepatan dan pemantapan reformasi administrasi secara nasional, dan terutama mendorong calon-calon anggota Legislatif dan calon-calon Presiden dalam pemilu 2014 untuk menjadikan reformasi administrasi/reformasi birokrasi sebagai agenda utama mereka pada periode 2014-2019.
.
eko

Artikel Lainnya:  Departemen Hubungan Internasional FISIP UI Adakan Kuliah Umum Tentang AIPA