Pilih Laman

Indonesia merupakan salah satu dari beberapa negara berkembang di dunia. Bahkan saat ini, Indonesia sudah merupakan salah satu negara yang memiliki pengaruh cukup besar di dunia. Jika ingin menjadi salah satu negara maju, maka perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia harus bisa lebih ditingkatkan lagi dari sebelumnya. Salah satu sarana komunikasi yang penting saat ini adalah media, baik itu media masa, media cetak, media elektronikdan sebagainya. Di antara berbagai media tersebut, yang menunjukkan peran secara signifikan yaitu media cetak dan media elektronik. Melalui media, bisa mengetahui mengenai berbagai isu maupun kejadian yang tengah terjadi baik itu di dalam negeri maupun luar negeri.
Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (HMIK UI) menyelenggarakan Pekan Komunikasi UI. Melalui tema “Media Future Culture”, Pekan Komunikasi 2014 menghadirkan ajang simulasi dan edukasi, di mana insan-insan muda dituntut berperan aktif menelurkan karya-karya kreatif dan efektif untuk menyambut era digital yang ada di depan mata. Maka dari itu, Pekan Komunikasi 2014 mengajak seluruh mahasiswa se-Indonesia dari segala jurusan untuk menjadi bagian di dalamnya.
Pekan Komunikasi Universitas Indonesia sudah ada sejak tahun 2007 dan diikuti oleh lebih dari 100 universitas yang berbeda. Terdapat lebih dari 1200 mahasiswa yang mendaftar sebagai peserta setiap tahunnya. Pekan Komunikasi juga melibatkan pakar-pakar ilmu komunikasi, serta para praktisi komunikasi yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Pekan Komunikasi menyajikan konten-konten yang edukatif bagi seluruh mahasiswa yang terlibat. Hal ini, menjadikan Pekan Komunikasi Universitas Indonesia sebagai wadah edukasi bagi seluruh mahasiswa komunikasi dan merupakan satu-satunya kompetisi komunikasi terbesar di Indonesia yang memiliki seluruh elemen-elemen komunikasi.
Sesuai tradisi, HMIK UI menyuguhkan berbagai mata lomba dan acara dalam Pekan Komunikasi 2014 sebagai terapan dari lima disiplin ilmu komunikasi, yakni Penyiaran (Creabo –Create and Broadcast), Kajian Media (Media Matters), Jurnalisme (Journalight), Periklanan (AdWar), Hubungan Masyarakat (PRVaganza).
Pendaftaran semua mata lomba sudah dibuka sejak 20 Januari 2014 lalu, dan—dengan menyesuaikan format lombanya—akan ditutup pada awal hingga pertengahan Maret 2014. Ada enam mata lomba yang diselenggarakan, yakni:
•Short Film Competition (Creabo)
•TV Program Design Competition (Creabo)
•Pop Research Competition (Media Matters)
•Travel Blogging Competition (Journalight)
•Advertising Campaign Competition (AdWar)
•PR Campaign Competition (PRVaganza)

Artikel Lainnya:  Kajian Faktor Enjoyment Experiences Ketika Bermain Video Game Demi Ciptakan Entertainment Effect

Rangkaian Pekan Komunikasi 2014 akan dibuka dengan pre-event yang akan diselenggarakan pada tanggal 17-20 Maret 2014 di FISIP UI. Pre-event sendiri mencakup talkshow yang menghadirkan para praktisi media dari empat disiplin ilmu komunikasi, lomba InstaVideo™, serta bazaar.
Kemudian, rangkaian acara utama yang terdiri dari lomba (tahap final), seminar, workshop, dan company visit dari masing-masing disiplin ilmu komunikasi akan digelar pada 21- 25 April 2014; bertempat di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, Depok. Seluruh rangkaian ini nantinya akan ditutup dengan malam apresiasi CommWeekend 2014 di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia, Depok.
Jadilah generasi yang menolak terlena dan bergabunglah menjadi bagian dari kompetisi komunikasi terbesar di Indonesia.

Artikel Lainnya:  Pusat Diminta Tak Hanya Bangun Infrastruktur Tapi Juga Pemuda Papua