Pilih Laman

Pada tahun 2018 ini, Departemen Komunikasi FISIP UI kembali melaksanakan acara tahunannya yakni Pekan Komunikasi (Pekom) 2018. Kali ini, Pekom mengangkat tema Trick or Truth: Welcome to the Post-Truth Era!

Pekan Komunikasi 2018 kembali hadir dengan mata acara yang mewakili lima peminatan di dalam Program Studi Komunikasi FISIP UI yaitu, Adwar (Periklanan), Creabo (Industri Kreatif dan Penyiaran), Journalight (Jurnalisme), Media Matters (Kajian Media). PR Vaganza (Public Relations).

Mata lomba Adwar mengambil tema We laugh, We cry, We buy: Emotional Appeal in Advertising. Lomba Adwar merupakan lomba iklan yang dibuat untuk mengajak pesertanya menjawab pertanyaan sekreatif mungkin dan melalui riset yang menarik. Pada tahun ini, Adwar mengajak pesertanya untuk membuat solusi kreatif dalam rangka meningkatkan loyalitas produk FMCG (kopi) mengingat kopi termasuk salah satu produk yang loyalitasnya rendah (swing loyalty). Untuk finalnya, peserta diharapkan untuk memberikan solusi kreatif untuk produk ice cream Campina yaitu Hula-Hula. Setelah melewati beberapa tahap, finalis peserta Adwar terdiri dari UNPAD, UNDIP, dan UI.

Artikel Lainnya:  Mengulik Kriminologi Forensik

Kemudian mata lomba Creabo yang terdiri dari Festival Film Pendek yang memiliki tema Gender Role in Society dan Desain Program Televisi Beyond the Myths. Tema Gender Role in Society mengacu pada konstruksi sosial mengenai peran laki-laki dan perempuan di masyarakat, sedangkan Beyond the Myths mengacu pada penemuan atau pembuktian mitos yang beredar di masyarakat. Durasi maksimal dari masing-masing lomba yaitu 20 menit. Adapun finalis dari Creabo adalah Universitas Sebelas Maret dengan judul “Belenggu” dan “Nindya”, Kalbis Institue dengan “Lana” dan “Neo Geisha”, Universitas Negeri Surabaya dengan “Rumah Ayah”, Universitas Diponegoro dengan “Terpelatuk 2.0” dan “Titik Balik”, Universitas Indonesia dengan “Circle”, Universitas Padjadjaran dengan “Liwu (The Gift)”, terakhir Institut Kesenian Jakarta dengan “Luna Ana”.

Artikel Lainnya:  Rapat Dewan Guru Besar FISIP UI

Untuk mata lomba Journalight, ia mengambil tema Berperang Melawan Kebenaran yang Membingungkan. Dalam lomba ini, peserta diwajibkan untuk membuat video in depth dan  laporan untuk brief 1, dan membuat infografis untuk brief 2. Finalis mata lomba Journalight yaitu, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Diponegoro, dan Telkom University.

Selanjutnya mata lomba Media Matters yang mengambil tema Making Sense of a Post-truth Society.  Lomba ini terdiri dari tiga tahap yaitu research, media practice, dan program plan. Di tahap pertama, peserta diminta untuk membuat penelitian tentang bagaimana masyarakat memproses informasi dan disinformasi di era post truth. Kemudian peserta mempublikasikan hasil risetnya dalam bentuk visual atau audiovisual di open access platform seperti media sosial. Pada akhirnya mereka diminta untuk menyusun program plan sebagai upaya untuk membantu menyelesaikan masalah yang ditemukan dari riset tersebut. Finalis yang terpilih untuk mata lomba ini berasal dari UGM, UNPAD, Universitas Pertamina, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Artikel Lainnya:  Özlem Sara Cekic: Secangkir Kopi untuk Empati

Terakhir yaitu mata lomba PR Vaganza. Mata lomba PR Vaganza mengambil tema The Battle of Reputation. Tema ini diambil untuk memberikan solusi nyata bagi perusahaan untuk mempertahankan serta mengelola reputasinya. Finalis dari lomba PR Vaganza adalah Universitas Indonesia, Binus University, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Padjajdjaran.

Pembukaan rangkaian acara Pekan Komunikasi 2018 digelar di Balai Sidang UI,dengan dihadiri jajaran pimpinan Departemen Ilmu Komunikasi dan Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc., pada Senin (16/04).