Select Page

Liga FISIP UI merupakan salah satu program kerja dari League Council of FISIP yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait isu sosial politik di bidang olahraga, melalui social campaign dan kompetisi olahraga berskala nasional untuk mahasiswa rumpun sosial dan humaniora di Indonesia. Tahun ini Liga FISIP UI hadir dengan tajuk “Sambut dan Rayakan Awal Yang Baru” dengan tagline “Kita Untuk Awal Yang Baru” sebagai upaya untuk menghadirkan kultur baru dalam melawan hate speech di dunia olahraga. Membawa isu hate speech dalam olahraga, berupaya untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran akan pentingnya menjaga iklim sosial media dan kehidupan nyata terkait hate speech dalam dunia olahraga.

Pada Selasa (10/05) Liga FISIP 2022 resmi dibuka dengan acara Opening Ceremony yang diadakan di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PUSGIWA) UI. Di hadiri oleh Nurul Isnaeni, Ph.D (Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan), Drs. Raymond Michael Menot (Wakil Manajer Khusus Bidang Kemahasiswaan), Binsar Tobing (Ketua Ikatan Alumni FISIP UI) dan Dr. Badrul Munir, ST., M.Eng (Direktur Kemahasiswaan UI).

Dalam sambutannya, Nurul mengatakan bahwa sangat bangga atas diadakannya Liga FISIP 2022, apalagi dengan mengusung isu tentang hate speech, “harapannya semoga hate speech ini bisa dihilangkan dari budaya anak muda khususnya mahasiswa. Diharapkan mahasiswa sosial dan humaniora ini bisa menjadi pelopor untuk budaya baru yang lebih produktif dan positif bagi banyak hal di tengah-tengah masyarakat. Melalui olahraga ini anti hate speech ini bisa ditumbuhkan dan dikembangkan.”

“Kami dari UI sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan Liga FISIP UI dan dengan bangga karena event ini menjadi yang pertama dilaksanakan secara offline dan juga tentunya melakukan protokol kesehatan. Lalu dengan diangkatnya isu tentang hate speech ini, kita harus menjunjung tinggi etika berolahraga dan etika hubungan antar manusia,” ujar Badrul Munir.

Dari sisi mahasiswa yang berhasil diwawancarai oleh reporter Humas FISIP, Aldo mengatakan pada tahun ini, Liga FISIP UI 2022 membawakan Cabang Olahraga Basket Putra dan Futsal Putra, “hal ini berdasarkan survey yang kami lakukan secara kuantitatif dan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan berbagai universitas di Indonesia. Hasilnya, mengungkapkan bahwa komunitas olahraga mereka belum aktif kembali berlatih dan belum siap untuk mengikuti turnamen olahraga, selain tim futsal dan basket.”.

Meski begitu antusias mahasiswa dari Rumpun Sosial dan Humaniora di Indonesia tidak berkurang. Steering committee Humas Liga FISIP itu sangat senang karena antusiasme dari mahasiswa sangat tinggi dalam mengikuti Liga FISIP UI tahun ini, “hal ini dapat kami rasakan sejak tim Humas melakukan Kunjungan Kerja dengan 40 Tim Basket dan Futsal dari berbagai universitas di Indonesia. Sejak agenda kunjungan kerja tersebut dilangsungkan pada bulan November dan Desember 2021, setiap tim sudah menunjukkan ketertarikannya dengan kompetisi Liga FISIP UI 2022 dan berlomba untuk mendapatkan piala juara. Antusiasme tersebut diwujudkan secara nyata oleh mereka dengan mendaftarkan tim terkait di Kompetisi Liga FISIP UI 2022.”

Selama dua tahun Liga FISIP harus di tiadakan karena efek dari pandemi Covid-19, tentunya tidak mudah mengadakan event seperti ini tetapi seiring melandainya angka positif Covid-19, maka Liga FISIP UI pun diadakan kembali dengan protokol kesehatan.

“Setelah dua tahun Liga FISIP UI tidak aktif, sejalan dengan kondisi nasional, maka kita harus beradaptasi dengan kondisi yang ada pada saat ini. FISIP untuk pertama kalinya menggelar kegiatan yang melibatkan banyak orang tentu saya mengapresiasi dengan baik apalagi kegiatan ini olahraga yang merupakan kegiatan positif. Harapannya semoga kegiatan ini kondusif dan menumbuhkan semangat serta bisa menjadi stress realease untuk para mahasiswa yang selama dua tahun terkahir ini kuliah secara online dan tidak ada aktivitas kampus lainnya,” ujar Raymond.

Aldo menambahkan, terkait protokol kesehatan. Hal itu bukan merupakan tantangan, namun lebih ke arah kewajiban yang akan kami jalani dengan disiplin. Vaksinasi menjadi syarat utama bagi para peserta untuk dapat mengikuti pertandingan Liga FISIP UI 2022, “selain itu, kompetisi ini akan menggunakan Sistem Bubble Liga FISIP UI 2022 yang mengadopsi metode Clear Area pada venue untuk meminimalisir kemungkinan penyebaran Covid-19. Sehingga, setiap tim peserta hanya dapat bertemu satu sama lain pada jadwal pertandingan mereka saja. Tentunya, Liga FISIP UI 2022 juga akan terus menjaga protokol kesehatan yang berlaku.

Liga FISIP UI 2022 secara resmi diikuti oleh 24 Tim Futsal dan 20 Tim Basket dari berbagai mahasiswa rumpun sosial dan humaniora di Indonesia. Untuk venue pertandingannya akan berlangsung di lingkungan UI. Basket akan dilaksanakan di Gymnasium UI. Futsal akan dilaksanakan di Sarana Olahraga (SOR) standar internasional Universitas Indonesia.