Select Page

Perubahan status dari siswa menjadi mahasiswa tentu diikuti oleh peran dan tanggung jawab yang berbeda. PSAK FISIP UI tahun 2022 ini hadir untuk mahasiswa agar beradaptasi terhadap perubahan peran dan mengenali lingkungan FISIP yang akan menjadi tempat berkuliah para mahasiswa baru.

Isu yang dibawakan pada tahun ini yaitu Isu Pendidikan Tinggi, berfokus untuk fenomena-fenomena diruang lingkup pendidikan tinggi dengan menetapkan entitas-entitas pendidikan tinggi seperti mahasiswa, civitas akademika, fakultas, rektorat dan entitas pendidikan tinggi lainya fokusnya. Salah satunya membahas mengenai kesehatan mental, kekerasan seksual dan kesejahteraan mahasiswa.

Acara dibuka oleh Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto dengan memukul ‘gong’ sebagai tanda dibukanya acara PSAK FISIP UI tahun 2022. Selain itu, pada acara pembukaan Dekan FISIP mengenalkan pimpinan fakultas dan melakukan sesi tanya jawab. Prof. Semiarto berpesan untuk para mahasiswa agar bisa berpikir kritis dan berdiskusi serta dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan untuk menguasai ilmu namun nilai bagus adalah bonus, ia menekankan bahwa penting juga bagi mahasiswa untuk berorganisasi. Mahasiswa juga diharapkan dapat beradaptasi dari online menuju offline, dapat membagi waktu dan menentukan prioritas.

Tahun ini menjadi tahun pertama kalinya PSAK dilaksanakan secara offline di Balai Purnomo Prawiro setelah dua tahun terhalang pandemi Covid-19. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari (18-20 Agustus 2022). Acara ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Sekertaris Fakultas, para wakil manajer dan para wakil ketua departemen.

Setelah sholat zuhur dan makan siang acara dilanjutkan dengan pengenalan Ikatan Alumni FISIP UI yang dihadiri langsung oleh Ketua Iluni, Budi Arie Setiabudi. Ia mengatakan bahwa lulusan FISIP UI disegani bukan hanya karena kemampuan akademiknya yang baik, tetapi juga karena relasinya yang kuat dan bekerja dengan profesional.

Lebih lanjut Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu mengatakan bahwa di masa depan, menyambut Indonesia Emas 2045, 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Generasi mahasiswa FISIP UI angkatan 2022 pada waktu tersebut akan mencapai usia yang matang dan sudah berpengalaman dalam menghadapi kompetisi.

Persaingan di masa depan tidak terkait negara maju dan negara berkembang, tetapi negara cepat dan negara yang lambat dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi yang semakin masif. FISIP UI 2022 harus berani belajar mengkritisi, berdiskusi dengan mengembangkan ide-ide yang positif menghadapi isu yang semakin beragam.