Select Page
t

Ingin Kuliah di FISIP UI?

Pahami informasi berikut sebelum memilih program studi di FISIP UI.

Universitas Indonesia senantisa berkomitmen untuk mengembangkan secara konsisten sebuah komunitas belajar yang selalu melangkah, dengan selalu membuka tangan untuk merangkul semua pemuda pemudi berbakat dari seluruh penjuru dunia.

Sarana akademik, aktifitas ekstra kurikuler dan banyak resources lain didesain untuk mempersiapkan calon alumninya dalam menjalani peran selanjutnya di kancah nasional dan internasional.

FISIP UI merupakan fakultas yang menjadi bagian
dari rumpun ilmu Sosial-Humaniora (Soshum)
di Universitas Indonesia,
bersama dengan fakultas:

Kenali Program Studi dan Jenjang Studi

Silahkan memilih jenjang pendidikan yang ingin Anda tempuh di FISIP UI untuk mengenali informasi dasar seperti persyaratan dan teknis biaya yang dikenakan.

Program Sarjana

Program S1 bergelar S.Sos./S.I.P./S.Kesos. yang terbuka bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dan terdiri ke dalam kelas; reguler, paralel, dan kelas internasional bergelar ganda (double degree).

Program Magister

Program S2 bergelar M.Si. yang terbuka bagi seluruh lulusan sarjana (S1) dan D4* dan terbagi dalam 2 jenis kelas; reguler dan kelas khusus.**

Program Doktor

Program S3 bergelar Dr. bagi seluruh lulusan magister (S2) dan terbagi dalam 6 program studi dan 2 pilihan kelas; reguler dan riset.***

*       Syarat lulusan D4 diperkenankan bagi program Magister Ilmu Kesejahteraan Sosial.

**     Kelas reguler dan khusus berbeda antar program studi yang membuka. Tidak terpaku pada definisi kelas reguler ataupun khusus karyawan, namun kepada fokus studi dan teknis pelaksanaan kuliah masing-masing. Hubungi program studi untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut.

***   Kelas riset tersedia dalam program studi tertentu. Syarat dan ketentuan berlaku.

**** Informasi ini dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan universitas, fakultas, maupun program studi. Mohon selalu meninjau laman situs Penerimaan UI pada masa penerimaan mahasiswa baru UI berlangsung.

S1-Reguler
S1-Paralel
S1-KKI
previous arrow
next arrow
Shadow

Program Sarjana FISIP UI

Bagi kamu yang telah menyelesaikan pendidikan di SMA/SMK/MA/Sederajat, menempuh pendidikan selanjutnya di program sarjana (S1) FISIP UI bisa menjadi pilihan yang tepat. Pendidikan jenjang Sarjana (S1) di FISIP Universitas Indonesia dibagi menjadi tiga jenis kelas. Antara lain:

VariabelKelas RegulerKelas ParalelKelas Internasional (FISIP UI)
Tersedia di DepartemenIlmu Komunikasi, Ilmu Politik, Kriminologi, Sosiologi, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Antropologi, Ilmu Hubungan InternasionalIlmu KomunikasiIlmu Komunikasi
Gelar Akademik SarjanaS.Sos / S.I.P. / S.KesosS.SosS.Sos dan B.A / B.Commun. / B.Comm. / Bachelor of Creative Arts (Gelar Ganda)
Masa Studi3,5 - 4 Tahun3,5 - 4 Tahun3,5 - 4 Tahun
(2 Tahun di UI dan 1,5 Tahun di Universitas Mitra)
Syarat LulusanLulusan SMA/SMK/MA/SederajatLulusan SMA/SMK/MA/SederajatLulusan SMA/SMK/MA/Sederajat
Latar Belakang Studi Saat SekolahSoshum/Saintek/LainnyaSoshum/Saintek/LainnyaSoshum/Saintek/Lainnya
Syarat Lainnya--Memiliki TOEFL Institusional yang disertifikasi ETS (PBT 500 atau iBT 61 atau CBT 173) atau IELTS 5.5. Sertifikat TOEFL/IELTS di upload dalam account pendaftaran.
Maksimal Usia Ijazah Saat Mendaftar3 Tahun Tidak Terbatas5 Tahun
Contoh Usia IjazahPendaftaran 2021 untuk lulusan 2021, 2020, 2019Tidak TerbatasPendaftaran 2021 untuk lulusan 2021, 2020, 2019, 2018, 2017
Biaya Uang PangkalTidak Ada. UI mengalokasikan dana BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri) yang diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk uang pangkal S1 RegulerRp.14.000.000,-
(Dibayarkan 1 kali di Semester 1)
Rp. 17.000.000,-
(Dibayarkan 1 kali di Semester 1)
Biaya Operasional Pendidikan/UKTRp. 5.000.000,- hingga Rp. 100.000,- / Semester*Rp. 12.000.000,- / SemesterRp. 31.000.000,- / Semester
(Selama masa perkuliahan di UI Depok)
Biaya Lainnya**Biaya Overseas***Biaya Overseas***Biaya Overseas***