Pilih Laman

Selasa (7/8) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (K2N) di SMA Negeri 2 Depok dengan tema K2N Aksi Kebangsaan: Yang Muda Yang Mengguncang Dunia.

Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., Dekan FISIP UI Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc., dan Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FISIP UI Prof. Dr. Dody Prayogo, MPSt.

Tujuan utama program ini adalah sebagai sarana komunikasi berkesinambungan antara UI dengan masyarakat yang pada akhirnya memberi manfaat bagi kedua belah pihak, terutama dalam pengembangan di bidang sosial kemasyarakatan untuk merespons berbagai permasalahan yang dihadapi remaja Kota Depok seperti penyalahgunaan narkotika, pornografi, budaya kekerasan, radikalisasi, dan masalah kesehatan.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan perkenalan alumni SMA Negeri 2 Depok yang berhasil diterima di Universitas Indonesia dari berbagai fakultas seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Ilmu Komputer.

Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada para siswa-siswi SMA Negeri 2 Depok untuk terus mengejar cita-cita dan mengenali tujuan hidup apa yang ingin diraih. Hal ini penting karena musibah terbesar dalam hidup adalah ketika kita tidak memiliki tujuan sama sekali. Beliau juga menyampaikan untuk mencapai cita-cita dan tujuan hidup itu, keseimbangan antara aktivitas bermain dan belajar adalah hal yang penting, tidak bisa berat di salah satu sisinya saja.

Artikel Lainnya:  Salam Sambut FISIP UI 2018

Sementara itu, Dekan FISIP UI Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. menyampaikan jangan membayangkan rasa kebangsaan harus dibuktikan dengan pengorbanan di medan perang, karena rasa kebangsaan dapat dimulai dari hal kecil dalam keseharian, sesederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, tidak mencontek, berlaku jujur, belajar dengan tekun, dan saling menghormati satu sama lain.

Beliau merasa terhormat karena KKN Aksi Kebangsaan yang digagas oleh Rektor Universitas Indonesia dilaksanakan pertama kali oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, semoga kedepannya kegiatan ini dapat dilakukan oleh fakultas lain dengan format yang lebih beragam.

Syaeful Mujab (Ilmu Politik 2013) dan Sasti Hapsari Nurdiana (Ilmu Komunikasi 2014) menjelaskan bahwa kedepannya, program ini akan dilakukan dua minggu sekali secara intensif berbentuk mentoring oleh mahasiswa Universitas Indonesia kepada siswa kelas 11 dan 12 SMA Negeri 2 Depok. Mentoring akan berisi pengembangan soft-skills seperti kemampuan beradaptasi, negosiasi, komunikasi, pemecahan masalah, dan lain sebagainya.

Acara ditutup dengan pembacaan deklarasi oleh seluruh siswa SMAN 2 Depok dan secara simbolis oleh Rektor Universitas Indonesia dengan memainkan angklung bersama.