Pilih Laman

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) secara virtual menyambut para mahasiswa baru program sarjana melalui forum Pengenalan Sistem Akademik dan Kemahasiswaan (PSAK) pada hari Jumat, tanggal 11 September 2020.

Pada tahun 2020 ini, 584 mahasiswa baru program sarjana FISIP UI diterima di tujuh program studi yang ada di FISIP UI, yakni program studi Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Sosiologi, Kriminologi, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Antropologi, dan Ilmu Hubungan Internasional.

Kegiatan dihadiri oleh Dekan, Ketua Dewan Guru Besar Fakultas, Ketua Senat Akademik Fakultas, Para Wakil Dekan, Para Pimpinan Unit Pusat Administrasi Fakultas, Para Ketua dan Sekretaris Departemen, serta Para Ketua dan Sekretaris Program Studi Sarjana di lingkungan FISIP UI.

Disamping itu, para Ketua Organisasi Mahasiswa di FISIP UI dari mulai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa, Para Ketua Himpunan Mahasiswa, dan Para Ketua Badan Otonom hadir pula dalam kegiatan penyambutan.

Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc, menyapa dan menyambut para mahasiswa baru melalui sambungan zoom yang dilakukan langsung dari kampus FISIP UI, Depok.

Dekan menyapa para mahasiswa dengan setting luar ruangan sehingga menyajikan latar belakang suasana kampus yang asri dan sepi di masa pandemi ini.

Dalam kesempatan sambutannya, Dekan berpesan dengan “membakar” agar para mahasiswa tidak berkecil hati dan patah semangat tetap memiliki optimisme tinggi meskipun dalam suasana pandemi, para mahasiswa FISIP UI diharapkan tetap belajar dengan sungguh-sungguh dan mengasah minat dan bakatnya. Selain itu akan tercatat dalam sejarah UI bahwa mahasiswa baru 2020 serta wisudawan yang akan dilepas nanti bulan Oktober sebagai angkatan mahasiswa baru dan wisudawan khusus yang diterima dan dilepas secara virtual. “Doa kita semua, semoga cukup pada periode kali ini saja dan semua kembali normal” Ujar Dekan FISIP UI

Artikel Lainnya:  Visitasi Delegasi Summer Studies Program USINDO 2016 ke FISIP UI

Dengan dukungan kelengkapan audio visual yang optimal, sambutan Dekan kepada para mahasiswa baru dari kampus dapat memberikan suasana kegiatan yang hidup bagi para peserta yang menyaksikan melalui layar monitor dari rumah masing-masing.

Secara simbolis, Dekan menerima 584 mahasiswa baru sebagai keluarga baru FISIP UI melalui tanda pemukulan Gong sebanyak 20 kali. Jumlah 20 kali menandakan identitas angkatan peserta: yakni angkatan 2020. Disaat Dekan melakukan pemukulan Gong, para mahasiswa baru dari rumah masing-masing mengaktifkan virtual background berwarna orange secara bersama-sama.

Pada kegiatan yang disaksikan oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia ini, mahasiswa baru juga disuguhkan dengan tayangan video Campus Tour FISIP UI dan FISIP UI Profile. Harapannya, para mahasiswa baru, utamanya yang berasal dari luar wilayah Jabodetabek, yang belum dapat mengunjungi kampus FISIP UI dapat memiliki gambaran mengenai suasana dan fasilitas yang ada di FISIP UI yang dapat mereka akses saat pandemi berakhir nanti.

Kegiatan tidak berlangsung satu arah, melainkan terjalin dialog antara para mahasiswa baru dengan jajaran Pimpinan Lengkap Fakultas dan para Ketua Organisasi Mahasiswa. Para peserta menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang sangat baik dan kritis.

Beberapa peserta menyampaikan kesan positif mengenai penyambutan yang dilakukan oleh FISIP UI. Muhammad Reihan Fadillah misalnya, mahasiswa yang diterima di program studi Sosiologi menuliskan dalam lini masa twitternya bahwa “hari ini (hari kegiatan PSAK) ga ketebak banget, gue kira akan sama seperti hari kemarin, tapi untuk hari ini gue bener-bener terharu di sambut FISIP UI”

Artikel Lainnya:  Empat Belas Negara Hadiri Asia-Europe Meeting Day di FISIP UI

Selain Reihan, adapula Yosia Yeremia Harianja (mahasiswi yang diterima di program studi Ilmu Hubungan Internasional) yang sampaikan komentar senada di media sosial-nya. Yosia mengatakan “rasanya kayak disambut beneran offline maksudnya”.