Select Page

Journalight adalah mata acara dari Pekan Komunikasi UI yang diselenggarakan oleh peminatan Jurnalisme. Mata acara Journalight terdiri dari lomba, seminar, workshop, dan company visit. Tahun ini, Journalight membawakan judul “Stream on Edge: Finding the Alternatives in Times of Uncertainty”. Menghadirkan pembicara Citra Dyah Prastuti (Chief in Editor Kantor Berita Radio).

KBR (Kantor Berita Radio) adalah penyedia konten berita berbasis jurnalisme independen yang berdiri sejak 1999. Dengan dukungan reporter dan kontributor terbaik di berbagai kota di tanah air dan Asia, produk KBR telah digunakan lebih dari 500 radio di Nusantara dan 200 radio di Asia dan Australia.

“Podcast sebelum pandemi adalah banyak memproduksi podcast. Ketika pandemic terjadi kenaikan traffic di podcast sangat tinggi, tidak hanya di KBR saja tapi secara global karena saat pandemi tidak bisa kemana-mana dan manusia itu sifatnya cepat bosan maka mendengarkan podcast salah satu untuk menghilangkan kebosanan” ujar Citra.

Ia juga menjelaskan, mendengarkan KBR bisa di mana pun, bisa menjangkau informasi dengan mudah seperti, berita terkini, buletin berita, feature, talkshow inspiratif, cerita dari negara-negara tetangga, serta perbincangan dengan narasumber utama langsung dari KBR atau melalui radio jaringannya.

“Di KBR sendiri memikirkan audience yang akan di tuju oleh podcast karena audience radio network KBR berbeda dengan posdact KBR. Podcast KBR membentuk konten agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh target audience tersebut. Podcast berbasis jurnalisme yang diproduksi KBR Prime, menghadirkan beragam format, tema dan penyajian untuk kebutuhan pendengar. Ini adalah ‘rumah’ bagi podcast berkualitas yang diproduksi dengan prinsip jurnalisme, memadukan kedekatan ala radio dan fleksibilitas ala digital” jelas Citra.