Pilih Laman

Miriam Budiardjo Research Centre (MBRC) memperoleh koleksi buku baru. Prof. Juwono Soedarsono ( Dekan FISIP UI  tahun 1988-1994 ), menyumbangkan 878 koleksi bukunya untuk menjadi koleksi MBRC FISIP UI. Buku-buku yang disumbangkan terdiri dari beragam topik, diantaranya adalah politik luar negeri negara-negara tertentu, politik luar negeri secara global, ekonomi politik, tulisan-tulisan tentang Indonesia, dan kamus-kamus besar.

Menurut Kepala MBRC, Evi Fitriyani, M.A., Ph.D, sumbangan koleksi buku ini sangat berarti untuk Perpustakaan FISIP UI, mengingat buku-buku yang disumbangkan merupakan koleksi penting Prof. Juwono Soedarsono sejak lama.

“Bagi kami, ini semacam harta karun yang bisa dipergunakan oleh mahasiswa dan seluruh civitas akademika di FISIP maupun di UI, mudah-mudahan kami dapat merawat ini dengan baik” ungkap Evi pada acara Peresmian Koleksi Pustaka Prof. Juwono Sudarsono, Senin (05/03).

Artikel Lainnya:  Meninjau Pembangunan Papua melalui perspektif sosial budaya

Dalam acara peresmian tersebut, hadir dua putra dari Prof. Juwono Soedarsono, yakni Vishnu Juwono, S.E., MIA, dan Yudhistira Juwono. Mereka berbagi cerita mengenai kebiasaan Prof. Juwono Soedarsono yang memang gemar membagikan buku kepada kolega dan teman-temannya. Menariknya, Ia selalu mempersiapkan daftar nama orang-orang yang akan diberinya buku ketika akan membeli satu judul buku.

“Setiap ada kardus amazon yang datang, satu judul buku itu pasti ada sekitar delapan hingga sepuluh eksemplar yang bapak pesan”, ujar Yudhistira.

Buku-buku tersebut tidak hanya sampai di tangan para kolega akademisi. Sebagai orang yang pernah berkiprah dalam pemerintahan sebagai Menteri Pertahanan dan Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Juwono juga kerap memberikan buku kepada presiden, mulai dari masa Presiden Soeharto hingga Presiden Jokowi. Tidak jarang, kebiasaan baik Prof. Juwono ini mendapatkan apresiasi.

Artikel Lainnya:  Mahasiswa FISIP UI Raih Prestasi di Bidang Penelitian dan Kehumasan

“Yang berkesan, saya ingat, waktu itu ekonom terkenal, (alm.) Dr. Syahrir, beliau sampai sempat menulis kolom di Kompas mengenai kebiasaan ayah saya memberikan buku, terutama waktu itu ia memberikan kesan mendalam atas pemberian buku tulisan Samuel Huntington, Clash of Civilization”, cerita Vishnu.

Hal menarik lainnya diketahui bahwa sebelumnya Prof. Juwono pernah diberikan tawaran berupa personal library bagi koleksi bukunya dari universitas lain tempat Ia pernah mengajar, tetapi tidak Ia ambil. Ketika kesempatan yang sama datang dari FISIP UI, Ia langsung mengiyakan.

“Saya salut juga, berarti memang betul-betul UI, FISIP UI khususnya, itu menjadi rumah kedua bagi anak-anaknya beliau, ya buku-buku ini”, ucap Yudhistira.

Artikel Lainnya:  Mengkaji Konflik Elit Pusat dan Daerah dalam Nasionalisasi PT Inalum

Selain kedua putra Prof. Juwono, acara peresmian yang diselenggarakan di lantai dua gedung MBRC ini juga dihadiri oleh Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo; Dekan FIA UI, Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag.rer.publ; Dekan FIB UI, Dr. Adrianus L.G. Waworuntu, M.A; Wakil Dekan Sumdavum Fakultas Psikologi UI, Dra. Herta Napitupulu, M.M., Psikolog; Kepala Sekretariat Pimpinan FE UI, Dr. Yasmine Nasution, S.E., MApp.Comm; Kepala Perpustakaan UI, Fuad Gani, MA; juga dua putra dari Prof. Juwono Soedarsono yakni Vishnu Juwono, S.E., MIA, dan Yudhistira Juwono.