Pilih Laman

Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia FISIP U meluncurkan pangkalan data online bernama Data Politik. Data Politik berisi informasi politik termasuk data hasil pemilu yang ditampilkan berbasis aplikasi GIS dan Geospasial. Peluncuran aplikasi ini dilakukan di Hotel Sari Pan Pacific (23/06).

Data Politik merupakan sebuah pangkalan data geospasial politik di Indonesia. Data Politik berbasis pada aplikasi GIS dan Geospasial yang mencakup data dan informasi politik Indonesia, termasuk data hasil pemilu. Data Politik menyajikan data yang dapat digunakan sebagai sumber rujukan bagi analisis dan produksi pengetahuan di bidang politik, sosial, dan ekonomi.

Menurut Peneliti Puskapol FISIP UI Dirga Ardiansa, Data Politik menampilkan data dan informasi mengenai distribusi hasil perolehan suara dan kursi partai politik di seluruh kabupaten/kota maupun provinsi. Berbagai data yang tersedia seperti perolehan suara partai hasil pemilu legislatif 2009 dan 2014, peolehan suara pilpres 2014 dan perolehan kursi pileg 2009 dan 2014. “Data tersebut disajikan melalui tiga tampilan yaitu peta spasial, grafik dan tabel,” kata Dirga. Pengguna dapat secara interaktif menampilkan, menyeleksi, membandingkan data yang diinginkan. Tampilan peta spasial yang mencakup seluruh wilayah Indonesia akan memudahkan anda melakukan analisis geopolitik kekuatan partai politik di Indonesia.

Artikel Lainnya:  Kunjungan Texas A&M University

Clipboard01Data Politik akan didorong tidak hanya menghasilkan database hasil pemilu saja tetapi juga menyediakan data variabel penunjang berbasis spasial kabupaten/kota, baik data sosial dan data ekonomi dari berbagai sumber resmi lain untuk ditampilkan dalam proyeksi peta spasial. Data dan informasi ini nantinya tidak hanya ditampilkan dalam bentuk numerik/kuantitatif, tetapi juga kategorik/naratif/kualitatif yang berbasis pada spasial. Berikut ini proyeksi data yang akan diintegrasikan ke datapolitik.org:

  • Data potensi konflik di seluruh kabupaten/kota
  • Data pelanggaran HAM di seluruh kabupaten/kota
  • Data upah minimum kabupaten/kota
  • Data pejabat gubernur, Walikota, dan Bupati
  • Data berbagai indeks (indeks demokrasi, indeks pelembagaan partai, indeks kesetaraan gender, indeks tata kelola pemerintahan) berbasis pada kabupaten/kota
Artikel Lainnya:  Ketua KPK : Pemimpin sederhana dibutuhkan Indonesia saat ini

Salah satu produk hasil olahan Data Politik dapat dinikmati dalam buku Data Kursi DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota Hasil Pemilu 2014 yang diluncurkan pada (23/6/15). Data yang disajikan dalam buku ini dapat digunakan sebagai sumber rujukan untuk analisis dan produksi pengetahuan maupun kebijakan. Data Politik dapat diakses melalui website datapolitik.org dan aplikasi ponsel pintar berbasis android di tautan berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.grm.datapolitik_wv.