Pilih Laman

Pusat Kajian Politik, Departemen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (Puskopol Fisip UI) meluncurkan Pusat Data Geospasial Politik Indonesia di Auditorium Juwono Sudarsono Kampus FISIP UI Depok. Data politik merupakan sebuah database on-line yang berbasis pada aplikasi GIS dan Geospasial yang mencakup data dan informasi politik Indonesia.
Menurut Direktur Pusat Kajian Politik (Puskapol) Sri Budi Eko Wardani, dalam paparannya mengatakan bahwa data politik merupakan database politik online pertama di Indonesia yang menyajikan data dan informasi Politik dalam tiga tampilan data yaitu, Peta Spasial, Tabel, dan Grafik. Data politik diperuntukkan sebagai sumber data rujukan bagi analisis dan produksi pengetahuan di bidang politik, sosial, dan ekonomi.
Sri menjelaskan Geospasial merupakan Pola Titik berbading terbalik dengan Pola Area. Pola Titik mengandalkan kordinat longitude dan latitude. Data mengacu pada titik kordinat lokasi pada peta. Informasi ini banyak digunakan dalam GPS contohnya untuk mengetahui sebaran letak Puskesmas, rumah sakit dan kantor-kantor pemerintah. Sedangkan Pola Area mengandalkan batas ruang wilayah (spasial).
”Data merupakan agregat dari nilai statistik atau parameter pada suatu area yang ditampilkan pada peta. Legenda Peta berfungsi sebagai informasi rentang nilai. Contohnya seperti persentase suara partai politik,” jelas Sri.

Artikel Lainnya:  FISIP Ramaikan Festival Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indonesia