Pilih Laman

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi FISIP UI memasuki tahapan seleksi presentasi karya tulis ilmiah pada Rabu (29/3) di Auditorium Juwono Sudarsono, Kampus FISIP UI, Depok. Sebelas finalis mahasiswa berprestasi ini harus mempresentasikan gagasan berupa karya tulis yang telah dibuat sebelumnya.

Para finalis Mapres FISIP UI 2017 ini adalah Ahmad Hidayat (Departemen Ilmu Hubungan Internasional 2014), Siti Rizqi Ashfina Rahmaddina Siregar (Departemen Ilmu Hubungan Internasional 2014), Muhammad Radihyan Pasopati (Departemen Ilmu Politik 2014), Tri Nopianto (Departemen Ilmu Politik 2014), Seren Trihardja (Departemen Kriminologi 2014), Fandi Andrian (Departemen Ilmu Komunikasi 2014), Supriadi (Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial 2014), Dio Anggara (Departemen Sosiologi 2014), M. Arief Wicaksono (Departemen Antropologi 2014), Alfi Naufida Ulinnuha (Departemen Ilmu Hubungan Internasional 2014), dan Netta Cynara Anggina (Departemen Ilmu Hubungan Internasional 2014).

Artikel Lainnya:  Platform Gotongroyong.in Sebuah Inovasi dari Mahasiswa FISIP UI

Dalam tahap ini, mereka memaparkan gagasannya di depan tiga juri, yaitu Dr. Nadia Yovani, M.Si. (Dosen Departemen Sosiologi), Endah Triastuti, Ph.D. (Dosen Departemen Ilmu Komunikasi), dan Dr. Semiarto Aji Purwanto M.Si. (Dosen Departemen Antropologi). Ketiga dewan juri ini juga melakukan sesi ekplorasi untuk mengetahui kematangan dan kedalaman gagasan para finalis.

Sebelumnya, kesebelas finalis mapres ini telah melakukan turun lapangan ke Pasar Kemiri, Kota Depok untuk melihat fenomena sosial yang ada. Para finalis juga telah mendapatkan pembekalan dari Kemahasiswaan FISIP UI dan bimbingan bersama dosen pembimbing masing-masing untuk membuat karya tulis ilmiah. Kemampuan ini mutlak diperlukan sebagai syarat memenangkan mahasiswa berprestasi fakultas dan mewakili ke tingkat universitas.

Artikel Lainnya:  Purnabhakti Tiga Guru Besar Departemen Antroplogi FISIP UI

Selanjutnya akan dipilih enam finalis terbaik untuk maju ke tahap debat Bahasa Inggris yang rencananya akan diselenggarakan pada Selasa, 4 April 2017. Dari keenam finalis ini kemudian akan dipilih tiga besar dan juara pertama yang akan mewakili FISIP di tingkat UI.