Pilih Laman

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI rayakan Dies Natalies yang ke-50 dengan menggelar pameran hasil riset, publikasi, dan pengabdian masyarakat (rispubpengmas) pada Kamis (1/2). Pameran ini bertujuan untuk mendiseminasi informasi kepada khalayak tentang capaian dan kontribusi FISIP kepada bangsa. Sebanyak 22 kegiatan pengabdian masyarakat, 21 publikasi jurnal internasional dan buku, serta 16 penelitian yang dilakukan dosen, pusat kajian, mahasiswa dan himpunan mahasiswa dipamerkan pada acara tersebut.

“Di usia yang ke-50, harapannya FISIP UI terus berupaya membangun banyak hal yang menjadi tanggung jawab kita sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas,” kata Dekan FISIP UI, dr. Arie Setiabdi Soesilo, M.Sc. pada sambutannya.

Syukuran dan acara puncak Dies Natalis usia emas FISIP UI digelar di Taman Tunas Bangsa. Dalam acara puncak tersebut, Dekan memeberikan penghargaan pada seluruh dosen, karyawan, serta mahasiswa yang aktif melakukan riset, publikasi, dan pengabdian masyarakat. Penghargaan juga diberikan kepada karyawan dan dosen FISIP yang purna tugas dan telah mengabdi puluhan tahun.

Acara yang dihadiri pejabat tinggi UI, para Dekan Fakultas lain, alumni lintas angkatan mulai dari yang tertua yaitu tahun 1968, seluruh keluarga besar dosen, karyawan, mahasiswa, serta mitra FISIP ini juga dimeriahkan oleh penampilan tujuh departemen dan perwakilan karyawan yang menampilkan hiburan berupa nyanyian dan tarian.

Artikel Lainnya:  FISIP UI Terima Kunjungan SMA Negeri 3 Jakarta

Suasan khas Betawi sengaja dipilih sebagai tema besar acara puncak Dies Natalies FISIP ke-50 sebagai penghargaan atas Profesor dan Guru Besar Antropologi, Prof. Yasmine Z. Shahab, Ph.D atas sumbangsihnya dalam meneliti dan mengembangkan masyarakat Betawi. Selain itu, keberadaan UI di Ibu Kota Jakarta dimana menjadi tempat asal suku Betawi juga menjadi latar belakang dipilihnya ornamen-ornamen seperti Ondel-Ondel, Abang None, bunga kelapa, dan berbagai makanan khas betawi untuk ditampilkan pada puncak acara Dies Natalis FISIP ke-50.

Sebelumnya, rangkaian acara berupa lomba-lomba olahraga antar departemen, karnaval, dan fun walk juga digelar sepanjang bulan Januari untuk memeriahkan ulang tahun FISIP UI.