Pilih Laman

Rabu (17/6/2015), bertempat di Auditorium Juwono Sudarsono, Kampus FISIP UI Depok, Aries Munandar berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan penguji dan meraih gelar doktor di bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial. Judul disertasi Aries, “Kajian Manajemen Mitigasi Bencana dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam (Kasus: Penanggulangan Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami di Kota Bengkulu).”

Penelitian ini mengkaji perubahan pelaksanaan manajemen mitigasi dan manajemen kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam gempa bumi dan tsunami. Hal ini sehubungan berlakunya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Sebagai kasus studi, penelitian dilakukan di Kota Bengkulu.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang ‘diperkaya’ dengan pendekatan kuantitatif Analysis Hierarchy Process (AHP) dan kuantitatif Assessment Framework. Analisis penelitian kualitatif deskriptif dan kuantitatif AHP menunjukkan bahwa unsur manajemen yang menonjol dapat dilaksanakan dalam manajemen mitigasi adalah Organizing dan Coordinating. Sedangkan dalam manajemen kesiapsiagaan adalah Organizing, Coordinating, dan Directing. Analisis Assesment Framework menyimpulkan adanya peningkatan indeks kesiapsiagaan Pemerintah Kota Bengkulu dari kategori ‘Belum Siap’ pada 2006 menjadi ‘Hampir Siap” pada 2014.

Berdasarkan seluruh hasil penelitian, diperoleh temuan baru, yakni: (1) teridentifikasi terjadinya pemberdayaan pemerintah daerah dalam proses penyelenggaraan manajemen penanggulangan bencana berdasarkan Undang-Undang Penanggulangan Bencana; (2) diperlukan modifikasi teori Siklus Manajemen Penanggulangan Bencana (Carter, 1991:52) untuk konteks manajemen penanggulangan bencana alam gempa bumi dan tsunami; (3) terbukanya kesempatan mengimplementasikan pendekatan pembangunan sosial dalam manajemen penanggulangan bencana.

Artikel Lainnya:  Hubungan Internasional FISIP UI Mengadakan Dialog Daring Bertajuk "Defining Nurani”

Dalam sidang promosi doktor Aries, hadir sebagai ketua sidang, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. Promotor dalam sidang doktor Aries adalah Prof. Dr. Bambang Shergi Laksmono, M.Sc. Sedangkan yang menjadi kopromotor Dr. Ir. Aca Sugandhy, M.Sc. Anggota sidang terdiri dari Dr. Ir. Timbul P.M. Panjaitan, M.A., dr. Mondastri Korib Sudaryo, M.S., D.Sc., Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri., dan Fentiny Nugroho, M.A., Ph.D.