Pilih Laman

Pengabdian masyarakat adalah satu dari tiga poin yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Demi mewujudkannya, FISIP UI mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di tahun 2016. Sosialisasi yang diadakan pada Sabtu (17/9/2016) di Auditorium Juwono Sudarsono itu disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Pendidian, Penelitian dan Kemahasiswaan Prof. Isbandi Rukminto Adi, M.Kes., Ph.D. dihadapan sekitar 100 orang mahasiswa baru.

Sosialiasasi ini memiliki beberapa tujuan antara lain menunjukan kepedulian dan pengabdian UI kepada masyarakat, memupuk kepekaan dan kepedulian mahasiswa akan kondisi lingkungan dan masyarakat serta memupuk jiwa pengabdian dan kepedulian pada masyarakat pada diri mahasiswa.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan mahasiswa baru FISIP UI akan terbagi ke beberapa tahap. Pada tahap pertama di bulan September, mahasiswa dibekali tata cara mengenai kegiatan pengabdian masyarakat. Di bulan ini pula, mahasiswa diminta untuk melakukan asesmen ke lokasi yang telah ditentukan. Adapun di bulan Oktober dan November, mahasiswa diminta melakukan perencanaan yang nantinya dilanjutkan dengan mengimplementasikan kegiatan tersebut.

Artikel Lainnya:  Mahasiswa FISIP UI Raih Prestasi di Bidang Penelitian dan Kehumasan

Di akhir kegiatan pengabdian masyarakat, setiap mahasiswa wajib memberikan laporan tertulis dan presentasi. Laporan tersebut akan berisi hasil-hasil yang didapatkan selama melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Laporan ini akan menjadi evaluasi serta masukan demi terlaksananya kegiatan masyarakat yang lebih baik pada waktu mendatang.

Kegiatan pengabdian masyarakat menjadi cara bagi FISIP UI untuk dapat berkontribusi signifikan dalam kegiatan penguatan masyarakat untuk mendukung pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan misi Universitas Indonesia sebagai universitas unggulan di Asia Tenggara.