Pilih Laman

Kurikulum merupakan “kendaraan” untuk mencapai tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan dari suatu Program Studi. Sehingga perlu dirumuskan sesuai dengan tujuan kompetensi lulusan, diharapkan lulusannya memiliki keunggulan komparatif di bidangnya.
Oleh karena itu Pendidikan dan Kemahasiswaan FISIP UI, menyelenggarakan Sosialisasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia untuk jenjang Program Pascasarjana, pada tanggal 16 Mei 2014. Sebagai pembicara Megawati Santoso, Ph.D. Sosialisasi ini dilakukan di Auditorium Juwono Sudarsono, Gedung F lantai 2 FISIP UI.
Kurikulum bersifat khas untuk suatu program studi, sebagaimana kekhasan tujuan pendidikan dan kompetenasi lulusan. Kesadaran penuh atas kekhasan kompetensi lulusan masing-masing program studi, diharapkan membuat para lulusan dari berbagai Program Studi yang berbeda dapat saling melengkapi dan bekerja sama.
Peta kurikulum dirumuskan setelah kurikulum program studi tersusun. Yang dimaksud peta kurikulum adalah uraian tentang hubungan setiap mata kuliah dengan kompetensi lulusan. Peta kurikulum mengarahkan pencapaian kompetensi lulusan melalui pembelajaran setiap mata kuliah. Berdasarkan peta kurikulum dirumuskan Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) atau rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) dari setiap mata kuliah.
Untuk meminimalisir kelemahan yang akan terjadi dalam penyusunan, pengembangan, pelaksanaan maupun evaluasi dan penyempurnaan kurikulum, maka diperlukan sistem penjaminan mutu dalam kurikulum program studi.
Kegiatan ini bertujuan : (1) memberikan tentang pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia bagi Program Studi, (2) Memberikan bimbingan teknis langkah penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, (3) Menghasilkan kurikulum program Magister Tahun 2014 yang berbasiskan kompetensi dan KKNI.

Artikel Lainnya:  Konsultasi Pengisian SPT Pajak Penghasilan Orang Pribadi Tahun Pajak 2015