Select Page

Pada hari kedua, Rabu (07/04) Pekan Komunikasi UI mengadakan webinar tentang Public Relation, yaitu Public Relations Vaganza adalah mata acara dari Pekan Komunikasi UI yang diselenggarakan oleh peminatan Hubungan Masyarakat. Public Relations Vaganza berjudul “Action, Advocacy and Trust: Strategies for Communicating Sustainability” dalam seminar tahun ini. Membahas tentang bagaimana strategi perusahaan dalam pembangunan yang berkelanjutan termasuk keberlanjutan lingkungan, ekonomi dan sosial. Webinar tersebut adalah salah satu rangkaian acara dari PR Vaganza Pekan Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI.

Perusahaan-perusahaan baik di Indonesia dan di dunia saat ini tengah mengadopsi dan mengimplementasikan prinsip sustainability  ke dalam aktivitas operasional dan proses pengambilan keputusan bisnis mereka. Sustainability sudah menjadi sebuah urgency dan komitmen global untuk memastikan kelangsungan hidup dan kualitas hidup saat ini dan di masa depan. 

Hadir sebagai pembicara, Melani Masriel selaku Communication, Sustainability & Public Affair Director dari Loreal Indonesia.

Perubahan iklim yang terjadi beberapa tahun terakhir ini semakin terlihat jelas seperti banjir bandang, kebakaran hutan, angin topan dan gelombang panas karena dampak dari perilaku manusia. Selain itu pemasanan global dan perubahan lingkungan berpotensi untuk menciptakan degradasi permanen terhadap habitat manusia dan spesies lainnya.

Pada tahun 2020, Loreal meluncurkan kegiatan yang sustainability yaitu “Loreal For the Future” adalah komitmen Loreal untuk membangun model bisnis yang lebih ramah lingkungan, mentransformasi aktivitas untuk menghormati batasan planet dan berkontribusi menyelesaikan berbagai tantangan sosial dan lingkungan.

Melani menjelaskan, “ada tiga pilar utama komitmen ini. Pertama transformasi bisnis untuk menghargai batasan-batasan planet, menerapkan program transformasi internal baru, dengan langkah-langkah yang terukur, untuk membatasi dampak kami pada iklim, air, keanekaragaman hayati dan sumber daya alam. Kedua, memberdayakan pihak-pihak yang ada dalam ekosistem bisnis kami, membantu mereka bertransisi ke dunia yang lebih berkelanjutan. Ketiga membantu mengatasi tantangan dunia, dengan mendukung kebutuhan dari langkah-langkah pemecahan masalah sosial dan lingkungan yang mendesak.”

Artikel Lainnya:  Semarak Kota Seni di FISIP UI

Selain itu Loreal sendiri sudah menggunakan green formula materials, sustainiable packaging dan green parcel. L’Oréal juga memutuskan untuk melakukan upaya lebih jauh melalui program “L’Oréal for the Future”. Komitmen menuju tahun 2030 menandai awal dari transformasi yang lebih baik dan mewujudkan pandangan tentang seperti apa visi, tujuan dan tanggung jawab perusahaan untuk memenuhi tantangan yang dihadapi dunia.