Select Page
Halalbihalal FISIP UI 2022: Merajut Ukhuwah dalam Bingkai Kebhinekaan Hal yang Penting Bagi Bangsa

Halalbihalal FISIP UI 2022: Merajut Ukhuwah dalam Bingkai Kebhinekaan Hal yang Penting Bagi Bangsa

Setelah dua tahun FISIP UI menggelar acara Halalbihalal secara hybrid yang sebelumnya diadakan secara virtual di kediaman masing-masing, tentunya acara ini diselenggarakan dengan protokol kesehatan di Taman Tunas Bangsa pada Selasa (17/05), acara ini dilaksanakan karena melihat angka positif Covid-19 yang sudah melandai di Indonesia. Halalbihalal ini rutin digelar setiap tahun usai ramadhan.

Halalbihalal tahun 2022 ini, menjadi acara Halalbihalal pertama bagi Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto. Acara ini juga di hadiri oleh para Pimpinan Fakultas, Senat Akademik Fakultas, para Dewan Guru Besar, para wakil dosen, para wakil tenaga kependidikan dan wakil mahasiswa.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto yang mewakili jajaran Eksekutif (Wakil Dekan, Manajer, Kepala Departemen), dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al Quran oleh Nurul Azizah mahasiswi dari Departemen Ilmu Komunikasi.

Dalam sambutannya, Prof. Semiarto mengatakan bahwa merajut silaturahmi atau ukhuwah dalam bingkai kebhinekaan adalah satu hal yang amat penting bagi bangsa kita. Momen perayaan idul fitri menjadi saat yang sangat tepat untuk bersama-sama memaknainya. Dengan semangat ukhuwah, umat Islam Indonesia tidak hanya menjaga persaudaraan dengan sesama muslim tetapi bertanggung jawab menjaga persatuan dan kebhinekaan Indonesia.

“Sebagai umat yang percaya dan beriman, kita meyakini bahwa nilai ukhuwah ini adalah perintah langsung dari Allah SWT. Kita membaca dan mendengarkan pesan tersebut. Dan selanjutnya kita taati karena kebenarannya. Dengan mentaatinya maka perilaku kita niscaya juga akan senantiasa merujuk pada nilai-nilai persatuan dan persaudaraan antar sesama Muslim dan dengan seluruh umat manusia yang berbeda keyakinan. Kita pahami perbedaan yang menyusun bangsa Indonesia ini adalah juga merupakan karunia Allah SWT yang karenanya wajib kita jaga Bersama,” ujar Prof. Semiarto.

Dekan FISIP UI: Engagement dan Kerjasama Menjadi Penting dalam Ranking Dunia Versi QS WUR By Subject 2022

Dekan FISIP UI: Engagement dan Kerjasama Menjadi Penting dalam Ranking Dunia Versi QS WUR By Subject 2022

FISIP UI terus menuju posisi terbaik di Indonesia lewat penilaian unggul di beberapa program studi, seperti Anthropology (ke-2 Asia Tenggara, 101-140 dunia), Communication and Media Studies (ke-5 Asia Tenggara, 201-240 dunia), Politics and International Studies (ke-5 Asia Tenggara, 101-150 dunia), Social Sciences (ke-5 Asia Tenggara, 112 dunia), Sociology (ke-6 Asia Tenggara, 201-250 dunia). Peringkat tersebut berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject tahun 2022.

The QS WUR by Subject tahun 2022, mencakup 51 displin ilmu. Pemeringkatan tersebut bertujuan untuk membantu calon mahasiswa mengidentifikasi universitas terkemuka dunia dan untuk perbandingan tingkat program studi atau fakultas.

“Ranking yang telah dicapai oleh FISIP dalam QS WUR ini merupakan kegembiraan bahwa tulisan-tulisan dan performa yang tinggi dari mahasiswa, alumni dan dosen-dosen terkait ilmu sosial sudah cukup baik, hal tersebut dilihat dari ranking nasional maupun internasional. Saya rasa ini merupakan capaian yang baik, semoga bisa dipertahankan dan saya ucapkan selamat kepada rekan-rekan dosen, peneliti, alumni dan mahasiswa,” ujar Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto.

Ada empat komponen yang digunakan untuk memeringkat universitas dalam QS World University Rankings by Subject 2022, dalam hal ini khususnya FISIP UI, yaitu (1) Academic Reputation, hasil survei global yang dilakukan kepada pengguna lulusan dan kalangan akademisi, (2) Employer Reputation, kerjasama antara instani dengan lembaga lain (3) Citations, penelitian per-makalah jumlah penelitian yang dicapai dalam subjek atau topik, yang data kutipan bersumber dari Elsevier Scopus, (4) H-Index yang mengukur produktivitas dan dampak penelitian akademisi yang sudah dipublikasikan .

Perhitungan ranking QS World University Rankings di lihat dari kinerja dosen, mahasiswa dan alumni. Lalu untuk publikasi yang terhitung adalah topik-topik tentang ilmu sosial. Beberapa subjek-subjek dari FISIP UI masuk kedalam ranking lima besar di Asia Tenggara seperti sosiologi, komunikasi, antropologi, politik, hubungan internasional serta kesejahteraan sosial dan kriminologi yang masuk kedalam perhitungan social policy.  Di lihat dari ranking antropologi yang menduduki peringkat kedua di Asia Tenggara, cukup mengejutkan. Tema-tema publikasi terkait dengan antropologi meningkat banyak.

Lebih lanjut Prof. Semiarto mengatakan, dalam penilaian ranking QS WUR yang paling penting adalah academic reputation dan employer reputation. Nampaknya kedepannya FISIP UI berkerjasama dengan mitra yang mempunyai reputasi tinggi akan berkontribusi lebih dan signifikan. “Hal tersebut memberikan dampak pada arah penelitian dan pengabdian masyarakat kedepannya. Engagement dengan komunitas dan kerjasama dengan lembaga-lembaga negara atau pemerintah menjadi sangat stargetis kedepannya.”

Dekan FISIP UI Melantik Badan Perwakilan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa periode 2021-2022

Dekan FISIP UI Melantik Badan Perwakilan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa periode 2021-2022

Serah terima jabatan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) periode 2021-2022 kepada BPM dan BEM periode 2022-2023 di Auditorium Juwono Sudarsono pada Kamis (24/03/2022) yang dilantik dan diangkat sumpah oleh Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto dan di hadiri oleh Wakil Manajer Khusus Bidang Kemahasiswaan Drs. Raymond Michael Menot.