Select Page
Kerjasama LPPSP dengan Pemerintah Kota Palangka Raya Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Daerah

Kerjasama LPPSP dengan Pemerintah Kota Palangka Raya Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Daerah

Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial dan Politik Universitas Indonesia dilibatkan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka meningkatkan penelitian potensi daerah. Nantinya, hasil penelitian yang dilakukan tim LPPSP di Kota Palangka Raya pada sektor tertentu akan dijadikan bahan rekomendasi dan masukan perumusan kebijakan pemerintah. Dengan begitu, akan berimbas pada peningkatan pembangunan, peningkatan kualitas sumber daya manusia yang muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kerjasama dengan berbagai pihak sangat diperlukan guna mendukung percepatan pembangunan daerah. Pandangan dari luar yang didasarkan kajian mendalam akan lebih objektif dalam melihat dan menyimpulkan kondisi suatu daerah. “Keadaan itu juga meminimalkan potensi intervensi dan biasnya proses hingga hasil penelitian yang dilakukan,” kata Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin.

Fairid mengatakan, selain bidang penelitian, kerja sama Palangka Raya dengan UI juga untuk meningkatkan dan memperluas sesuai perkembangan kondisi dan kebutuhan di lapangan.

“‘Kesepakatan ini juga mendukung implementasi visi dan misi pembangunan Kota Palangka Raya yang berkelanjutan dan menyeluruh dalam berbagai bidang”

Sementara itu, Dekan FISIP Ul, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto mengapresiasi kerjasama antara kedua belah pihak, “kami semaksimal mungkin akan memanfaatkan keilmuan untuk membantu Pemerintah Kota Palangka Raya dalam menganalisa permasalahan yang terjadi serta merumuskan solusi dalam percepatan pembangunan, salah satunya seperti program pemetaan sosial dan kebutuhan warga terdampak bencana, misalnya terkait masyarakat terdampak banjir ” katanya.

Turut hadir pada acara penandatangan kerja sama itu seperti Kepala Bappeda, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Kepala Bagian Pemerintahan, Ketua Research Cluster Urban Social Development Toward inclusive Society, Ketua Laboratorium Sosio FISIP UI dan Ketua Departemen Sosioloqi FISIP UI dan Ketua LPPSP Ul. Penandatangan kerjasama tersebut dilaksanakan di Auditorium Departemen Komunikasi FISIP UI pada Senin (13/06).

Disunting dari: https://kalteng.antaranews.com/berita/568945/pemkot-palangka-raya-libatkan-ui-tingkatkan-penelitian-potensi-daerah

Debat Calon Ketua ILUNI FISIP, Dekan Ingin ILUNI FISIP Lebih Guyub

Debat Calon Ketua ILUNI FISIP, Dekan Ingin ILUNI FISIP Lebih Guyub

Salah satu kegiatan penting dalam ILUNI FISIP salah satunya yaitu Pemilihan Ketua Umum ILUNI FISIP UI. Pada tahun ini ada dua calon Ketua ILUNI FISIP yang akan menjabat untuk Periode 2022-2025, Budi Arie Setiadi (Alumni Departemen Ilmu Komunikasi tahun 1990) dan Cecep Rukendi (Alumni Departemen Antropologi tahun 1997). Pada Sabtu (14/05) diadakan debat antar kedua kandidat yang dilaksanakan secara hybrid dari Auditorium Juwono Sudarsono.

Debat kandidat calon Ketua ILUNI FISIP ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada alumni FISIP UI untuk mengenal lebih jauh para kandidat yang mencalonkan diri menjadi Ketua Umum ILUNI UI. Selain itu para alumni FISIP juga bisa memberikan suaranya untuk vote calon Ketua ILUNI FISIP melalui aplikasi UI Connect, one system one vote. Kegiatan debat kandidat calon Ketua ILUNI FISIP ini di hadiri oleh Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto dan Ketua ILUNI FISIP UI Periode 2018-2021, Binsar M. L. Tobing.

“Alumni FISIP UI selalu dipandang sebagai striker oleh ILUNI fakultas lain dan termasuk alumni terbesar di UI. Hal ini semoga menjadi motivasi kita semua untuk bersama menggalang sumberdaya kekuatan, berlomba memajukan FISIP, dengan one system one vote merupakan sejarah baru untuk pertama kalinya pemilihan Calon Ketua Iluni FISIP. Kita buktikan bahwan alumni FISIP adalah alumni yang besar, aktif dan guyub,” ujar Binsar dalam sambutan pembuka acara Debat Kandidiat Calon Ketua ILUNI FISIP.

Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto juga setuju dengan ucapan yang disampaikan oleh Binsar, “saya ingin ILUNI FISIP ini bisa tampil lebih guyub dan solidaritas. ILUNI FISIP di satu sisi membanggakan, kaum yang independen dan mandiri namun saya juga berharap kedepannya alumni FISIP bisa saling membantu dan lebih solidaritas terhadap sesama alumni. Saya yakin kedua kandidiat Calon Ketua ILUNI FISIP, orang-orang yang mempunyai kapasitas mengorganisir dan dapat menjalin hubungan yang baik dan kuat. Untuk kedepannya kegiatan ILUNI FISIP yang berbasis kerjasama akan semakin banyak. Saya juga mengapresiasi kedua calon Ketua ILUNI FISIP yang sudah bersedia mengajukan diri untuk ILUNI FISIP ini. Kedua kandidat ini merupakan figur terbaik alumni FISIP UI.”

ILUNI FISIP UI ikatan alumni yang menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI).  Sebagai wadah keanggotaan dari para alumni, ILUNI FISIP UI berusaha berperan aktif dalam memberikan masukan dan program-program nyata bagi kemajuan fakultas.

Para anggota ILUNI FISIP UI diharapkan dapat menjadi inspirasi, sarana pembuka jalan dan membantu memperluas jaringan bagi mereka yang masih menjadi mahasiswa/mahasiswi ataupun yang baru lulus untuk masuk dalam dunia kerja maupun professional. Menjadi ujung tombak dalam meningkatkan reputasi FISIP UI di masyarakat luas dan menjaga nama baik fakultas dalam membangun sebuah komunitas yang memiliki kompetensi tinggi dalam pergaulan warganegara di tingkat nasional maupun internasional.