Select Page
Semarak Dies Natalis FISIP UI Ke-54: Berproses, Bersinergi, Berprestasi

Semarak Dies Natalis FISIP UI Ke-54: Berproses, Bersinergi, Berprestasi

Hari kelahiran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia jatuh pada tanggal 01 Februari setiap tahunnya. Ada sejarah panjang yang terentang sejak kelahiran hingga capaian usia pada tahun ini sehingga Dies Natalis tahun ini patut dirayakan sebagai ungkapan rasa syukur dan pengingat bagi FISIP UI sebagai lembaga pendidikan yang berkontribusi melalui tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tahun ini peringatan hari kelahiran (Dies Natalis) ke-54 FISIP akan diselenggarakan pada Jumat (11/03). Tahun 2022 juga ditandai dengan masih terjadinya pandemi Covid-19. Pandemi ini mengurangi mobilitas manusia karena memaksa dilaksanakannya pembatasan fisik dan sosial (physical and social distancing) selain pelaksanaan protokol kesehatan lainnya. Dies Natalis FISIP ke-54 juga tidak luput dari dampak pandemi sehingga kegiatan yang diselenggarakan sepenuhnya dilakukan secara daring.

Secara umum, kegiatan Dies Natalis FISIP UI ke-54 ditujukan untuk membangun keterlibatan (engagement) dari seluruh pemangku kepentingan FISIP UI. Dalam rangkaian menuju acara puncak Dies Natalis, FISIP UI mengadakan beberapa acara yaitu talkshow Dekan FISIP UI dari Masa ke Masa dan talkshow Kegiatan Unik Warga FISIP UI.

Talkshow Dekan FISIP UI dari Masa ke Masa, dilaksanakan pada Jumat (04/03) acara talkshow ini berisi bincang-bincang antara  Prof. Semiarto Aji Purwanto sebagai Dekan FISIP periode 2021 – 2025 dengan Dekan FISIP UI periode sebelumnya, yaitu: Dr. Arie Setiabudi Soesilo M.Sc. (2013-2021), Prof. Dr. Bambang Shergi Laksmono M.Sc. (2008 – 2012), Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri (2003‐2007), Prof. Dr. Martani Huseini (2001‐2003) dan  Prof. Dr. Juwono Sudarsono, MA. (1988‐1994). Tujuan dari acara ini untuk mengapresiasi kerja dari Dekan-Dekan FISIP sebelumnya, juga berbicara tentang perkembangan dan tantangan FISIP dari masa ke masa.

Talkshow Kegiatan Unik Warga FISIP UI diisi oleh beberapa perwakilan dari keluarga FISIP UI yang memiliki hobi dan kegiatan khusus di luar jam kerja dan profesi mereka selama pandemi berlangsung. Acara ini diselenggarakan pada Rabu (09/03), bertujuan untuk mengenal lebih dekat kegiatan keluarga FISIP UI yang menarik untuk diketahui, dengan menceritakan keseharian atau kegiatan yang dijalankan selama pandemi di luar jam kerja atau profesi sebagai dosen atau tendik FISIP UI.

Mengundang pembicara dalam talkshow tersebut, yaitu Dra. Evelyn Suleeman, M.A. dosen Departemen Sosiologi yang berkomitmen untuk recycle sampah dan bertani organik; Dr. Dave Lumenta dosen Departemen Antropologi yang memiliki hobi bermain musik dan terkenal menjadi penata musik beberapa produksi film layar lebar; Drs. Binsar Tobing, S.H., M.H. alumni FISIP UI yang bercerita tentang kegiatan ILUNI FISIP UI selama masa pandemi berlangsung.

Serta yang menariknya turut mengundang Anaktakor pada talkshow tersebut, yang mana semenjak pandemi Takor (kantin FISIP UI) terpaksa harus tutup sampai waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut menjadikan Syaiful selaku ILUNI FISIP UI tergerak membantu memasarkan dagangan Takor secara daring agar tetap dapat memberi penghasilan di masa pandemi.

Pada puncak acara Dies Natalis FISIP UI yang digelar pada Jumat (11/03) diselenggarakan secara hybrid.  Pada puncak acara ini Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto menjelaskan makna dari tema FISIP UI, Berproses, Bersinergi, Berprestasi. “kita (FISIP UI) harus selalu berada di posisi berproses, mengikuti perubahan tetapi tidak boleh jalan sendiri, harus mengutamakan sinergi dan berkerjasama, berkolaborasi untuk maju bersama untuk mencapai prestasi. Jadi jika kita ingin mencapai prestasi yang dituju dilakukan secara bersama dengan teamwork.”

Prof. Semiarto juga berharap untuk FISIP UI kedepannya bisa menjadi lembaga yang baik dan kuat yang dimulai dari sivitas akademika seperti mahasiswa, dosen dan karyawan tetapi juga alumni, “mendapatkan kondisi kampus yang ramah terhadap semua penghuni dan pengunjung, bersifat inklusif, membuka sekat-sekat yang selama ini menjadi barrier serta  memerlukan interaksi yang bermartabat, menempatkan semua pihak dalam posisi yang setara.”

Puncak acara Dies Natalis FISIP UI ke-54 ini merupakan perayaan peringatan setiap tahunnya, walaupun mundur satu bulan karena pandemi Covid-19 yang sempat menanjak kembali kasusnya dibulan Februari kemarin. Dalam acara puncak tersebut diisi dengan penyerahan tanda penghargaan kepada Dekan dan Wakil Dekan periode sebelumnya, bincang bersama para wisudawan cum laude kegiatan penampilan Departemen, bentuk keterlibatan ini terwujud melalui partisipasi perwakilan Departemen di FISIP pada Acara Puncak Dies Natalis FISIP UI ke-54 melalui pembuatan video parodi lagu Noah, senam SKJ dengan lagu daerah, kuis, pembagian berbagai hadiah, grandprize dan doorprize.