Select Page
Debat Calon Ketua ILUNI FISIP, Dekan Ingin ILUNI FISIP Lebih Guyub

Debat Calon Ketua ILUNI FISIP, Dekan Ingin ILUNI FISIP Lebih Guyub

Salah satu kegiatan penting dalam ILUNI FISIP salah satunya yaitu Pemilihan Ketua Umum ILUNI FISIP UI. Pada tahun ini ada dua calon Ketua ILUNI FISIP yang akan menjabat untuk Periode 2022-2025, Budi Arie Setiadi (Alumni Departemen Ilmu Komunikasi tahun 1990) dan Cecep Rukendi (Alumni Departemen Antropologi tahun 1997). Pada Sabtu (14/05) diadakan debat antar kedua kandidat yang dilaksanakan secara hybrid dari Auditorium Juwono Sudarsono.

Debat kandidat calon Ketua ILUNI FISIP ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada alumni FISIP UI untuk mengenal lebih jauh para kandidat yang mencalonkan diri menjadi Ketua Umum ILUNI UI. Selain itu para alumni FISIP juga bisa memberikan suaranya untuk vote calon Ketua ILUNI FISIP melalui aplikasi UI Connect, one system one vote. Kegiatan debat kandidat calon Ketua ILUNI FISIP ini di hadiri oleh Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto dan Ketua ILUNI FISIP UI Periode 2018-2021, Binsar M. L. Tobing.

“Alumni FISIP UI selalu dipandang sebagai striker oleh ILUNI fakultas lain dan termasuk alumni terbesar di UI. Hal ini semoga menjadi motivasi kita semua untuk bersama menggalang sumberdaya kekuatan, berlomba memajukan FISIP, dengan one system one vote merupakan sejarah baru untuk pertama kalinya pemilihan Calon Ketua Iluni FISIP. Kita buktikan bahwan alumni FISIP adalah alumni yang besar, aktif dan guyub,” ujar Binsar dalam sambutan pembuka acara Debat Kandidiat Calon Ketua ILUNI FISIP.

Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto juga setuju dengan ucapan yang disampaikan oleh Binsar, “saya ingin ILUNI FISIP ini bisa tampil lebih guyub dan solidaritas. ILUNI FISIP di satu sisi membanggakan, kaum yang independen dan mandiri namun saya juga berharap kedepannya alumni FISIP bisa saling membantu dan lebih solidaritas terhadap sesama alumni. Saya yakin kedua kandidiat Calon Ketua ILUNI FISIP, orang-orang yang mempunyai kapasitas mengorganisir dan dapat menjalin hubungan yang baik dan kuat. Untuk kedepannya kegiatan ILUNI FISIP yang berbasis kerjasama akan semakin banyak. Saya juga mengapresiasi kedua calon Ketua ILUNI FISIP yang sudah bersedia mengajukan diri untuk ILUNI FISIP ini. Kedua kandidat ini merupakan figur terbaik alumni FISIP UI.”

ILUNI FISIP UI ikatan alumni yang menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI).  Sebagai wadah keanggotaan dari para alumni, ILUNI FISIP UI berusaha berperan aktif dalam memberikan masukan dan program-program nyata bagi kemajuan fakultas.

Para anggota ILUNI FISIP UI diharapkan dapat menjadi inspirasi, sarana pembuka jalan dan membantu memperluas jaringan bagi mereka yang masih menjadi mahasiswa/mahasiswi ataupun yang baru lulus untuk masuk dalam dunia kerja maupun professional. Menjadi ujung tombak dalam meningkatkan reputasi FISIP UI di masyarakat luas dan menjaga nama baik fakultas dalam membangun sebuah komunitas yang memiliki kompetensi tinggi dalam pergaulan warganegara di tingkat nasional maupun internasional.

Bakti Sosial Iluni FISIP UI

Bakti Sosial Iluni FISIP UI

Pada tahun 2020 pandemi Covid-19 menyerang secara global, Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak dari pandemi. Covid-19 bukan cuma masalah kesehatan lebih dari itu situasi ini berdampak serius terhadap berbagai sektor kehidupan, mencakup sektor ekonomi, pendidikan, pariwisata, religi dan lain-lain. Maka dari itu Ikatan Alumni FISIP UI memperlihatkan solidaritas mereka kepada almamaternya dengan memberikan bantuan sosial berupa sembako untuk pedagang kantin, cleaning service dan petugas kemanan FISIP UI pada Rabu (19/8) di Gedung Nusantara FISIP UI.


Binsar mengatakan, sebagai alumni FISIP UI semoga bisa sedikit membantu meringkankan beban selama pandemi ini dengan sedikit bantuan yang diberikan oleh Iluni FISIP UI, semoga kedepannya Iluni bisa terus membantu. Pemberian bantuan sosial ini di saksikan oleh Awang Ruswandi, M.Si sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum, Binsar Tobing sebagai Ketua Iluni FISIP UI, beberapa perwakilan dari alumni FISIP UI dan beberapa perwakilan dari mahasiswa FISIP UI.

Formulir Beasiswa PJJ Alumni FIS UI 1980

UI menerapkan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai upaya pencegahan penyebaran Infeksi Covid-19.

Bagi mahasiswa Program Sarjana Reguler FISIP UI yang memiliki hambatan finansial untuk membeli paket data internet dalam mengikuti PJJ, dapat mengajukan diri untuk mendapatkan Beasiswa PJJ Alumni FIS UI Angkatan 1980.

Persyaratan pengajuan adalah sebagai berikut:
1. Membutuhkan bantuan finansial;
2. Beasiswa yang diberikan hanya untuk keperluan membeli paket data internet untuk kebutuhan PJJ;
3. IPK minimal 3,00 dibuktikan dengan halaman ringkasan SIAK NG;
4. Slip gaji Bapak dan/atau Ibu Kandung dan/atau Penanggung Biaya Pendidikan sebulan terakhir;
5. Bukti pembayaran listrik satu bulan terakhir;
6. Mengisi formulir.

Seluruh dokumen dikumpulkan selambat-lambatnya hari Selasa, 24 Maret 2020 pukul 15.00 dalam bentuk dokumen elektronik ke alamat e-mail zahra.siti@ui.ac.id (Verivikator) dan CC e-mail: fisip@ui.ac.id