Select Page
Peresmian FISIP Campus Arcade Bekerjasama Dengan Bank Mandiri

Peresmian FISIP Campus Arcade Bekerjasama Dengan Bank Mandiri

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Bersama Bank Mandiri meresmikan Gedung FISCA (FISIP Campus Arcade) pada Kamis (09/10) secara langsung dengan undangan tamu yang terbatas. FISCA diresmikan oleh Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc (Dekan FISIP UI) dan Alexandra Askandar (Wakil Direktur Bank Mandiri).

Dalam sambutannya, Dekan FISIP UI menceritakan “dahulu gedung ini menyediakan berbagai fasilitas pendukung yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan Sivitas Akademika FISIP UI khususnya dan UI pada umumnya. Fasilitas yang tersedia adalah sarana fotokopi dan alat tulis kertas, toko kue, kedai makan (restaurant and cafe), toko kebutuhan sehari-hari serta gerai Anjungan Tunai Mandiri (ATM Center).”

Gedung yang merupakan bagian dari Gedung Koentjaraningrat FISIP UI (Gedung Ruangan Kerja Dosen) ini dibangun pada tahun 2005 semasa kepemimpinan Dekan FISIP UI periode 2003—2008, Prof. Gumilar Rusliwa Somantri. Secara lokasi, Selasar Komersial ini sangat ramai karena termasuk menjadi akses utama Kampus FISIP UI yang dilewati dan dikunjungi oleh Mahasiswa, Dosen, Karyawan, dan Tamu Pengunjung FISIP UI.

“Seiring berjalannya waktu, kondisi gedung ini sudah tidak mendukung kenyamanan warga FISIP UI, termasuk juga para tamu pengunjung FISIP UI. Secara fisik gedung ini yang usianya sudah relatif tua terlihat kusam dan suram, kurang membangkitkan semangat dan gairah optimisme warga kampus. Ini terpancar dari batu alam lantai yang terlihat kusam dan plafon layu coklat gelap yang suram,” tambah Dekan FISIP UI.

Terdapat beberapa renovasi pada gedung ini, yaitu penggantian lantai batu yang kusam dengan keramik yang menghadirkan suasana cerah, mengecat ulang plafon atap kayu kayu yang suram menjadi terang cerah dan segar, mempercantik dan menyeragamkan display window dengan mengangkat konsep “postmodern architectural” yang didominasi cat aneka warna sebagai tampak muka toko.

“Kami berterimakasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya khususnya kepada pak Arie yang mendorong untuk bekerjasama dengan kami. Sebelumnya saya sudah meninjau gedung ini dan kondisinya sangat berbeda jika dibandingan saat ini. Saya juga aspresiasi untuk arsitek yang sudah merealisasikan gambaran dan konsep yang di inginkan oleh pak Arie,” ungkap Wadirut Bank Mandiri.

Alexandra mengakui bahwa pak Dekan FISIP UI ini mempunyai taste yang luar biasa bagus, bisa di lihat dari hasilnya gedung ini yang keren. Semoga fasilitas FISCA ini nantinya bisa ramai kembali dan dinikmati banyak orang. Mudah-mudahan Bank Mandiri dan FISIP bisa terus mewujudkan kerjasama guna mendukung visi dan misi dari Universitas Indonesia.

Menristek Dikti Resmikan Mochtar Riady Social and Political Research Center di FISIP UI

Menristek Dikti Resmikan Mochtar Riady Social and Political Research Center di FISIP UI

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia kini memiliki gedung yang memadai sebagai pusat riset sosial dan politik. Gedung yang diberi nama Mochtar Riady Social and Political Research Center ini diresmikan, Kamis (2/5/2019) bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional.

Gedung seluas 5.184 meter persegi ini dibangun di atas lahan seluas 2.300 meter persegi. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan gedung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir bersama Pendiri Lippo Group Mochtar Riady dan Rektor UI,Prof. Dr. Muhammad Anis, M.Met. Peresmian dihadiri, antara lain Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Dekan FISIP UI Dr.Arie Setiabudi Soesilo,M.Sc dan Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia periode 2019-2024, Saleh Husin.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mengapresiasi pembangunan gedung Mochtar Riady Social and Political and Research Center di FISIP UI. Nasir yakin gedung ini akan mampu menunjang perkembangan riset ke depannya menjadi lebih baik lagi.

Mohammad Nasir mengatakan, riset selama ini di Indonesia berdiri sendiri sendiri. Melalui Perpres Rencana Induk Riset Nasional ini riset disatukan dan agar riset menjadi satu kesatuan terlebih menyongsong 100 tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2045.

“Saya punya mimpi untuk menyatukan riset baik di kementerian, kelembagaan, universitas-universitas. Dengan adanya rencana induk ini saya yakin pengembangan riset akan menjadi semakin maksimal dan dapat memperkuat riset kita. Ada mimpi yang harus kita capai,” ujar Mohammad Nasir dalam peresmian Gedung Mochtar Riady Social and Political Research Center, Kamis (2/5/2019) di FISIP UI, Kota Depok, Jawa Barat.

Selain itu Mochtar Riady mengatakan seiring berkembangnya globalisasi, ilmu politik pun kian maju. Universitas Indonesia sebagai universitas yang terkemuka di Indonesia harus terus mengasah diri dan memiliki fasilitas terdepan guna mengembangkan program riset unggulannya yang juga mencakup bidang riset ilmu sosial dan politik.

“Saya sebenarnya merasa tidak enak karena gedung ini menyandang nama saya, tetapi saya akhirnya berpikir bahwa ini bisa jadi hal positif. Bisa saja dengan begini dapat mengundang para pengusaha lainnya untuk turut serta berkontribusi membangun gedung untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia,” tutur Mochtar Riady.

Mochtar Riady merasa berbahagia karena diberi kesempatan memberikan sumbangsih guna melayani masyarakat dan membangun bangsa Indonesia, khususnya untuk kemajuan dunia pendidikan.