Select Page
Wisuda Virtual Semester Gasal FISIP UI

Wisuda Virtual Semester Gasal FISIP UI

Pandemi Covid-19 saat ini tak kunjung reda, memaksa Universitas Indonesia (UI) dan tentunya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI melakukan wisuda secara virtual kedua kalinya setelah wisuda bulan Oktober tahun kemarin. Pelaksanaan wisuda online diterapkan hampir di seluruh universitas di Indonesia. Tujuan dari wisuda online ini untuk mencegah penyebaran virus Corona. Upacara Wisuda Tahun Akademik 2020/2021 dilaksanakan pada Jumat (05/03) untuk Pascasarjana dan Sabtu (06/03) untuk Sarjana.

Dalam sambutannya, Prof. Ari Kuncoro menuturkan, “Selama masa pandemi Covid-19 yang dihadapi dunia saat ini, UI mengambil peran strategis berkontribusi menghasilkan produk inovasi, gencar melakukan berbagai riset guna kemandirian produksi dalam negeri akan alat-alat kesehatan, melakukan riset yang menghasilkan obat-obatan dan penunjang kesehatan lainnya. Riset dan inovasi tersebut berangkat dari adanya kebutuhan di tengah masyarakat dan diarahkan pada hasil yang dapat dipakai langsung di dalam penanganan Covid-19”. Prof. Ari juga berpesan bagi para lulusan agar senantiasa menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. “Jadilah lentera di mana pun Saudara berada, yang pijarnya senantiasa menjadi penerang bagi sekitar.”

Pada wisuda Semester Gasal, Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial Universitas Indonesia (FISIP UI) melepas  sebanyak 382 wisudawan Sarjana dan Pascasarjana. Wisudawan dari program Sarjana sebanyak 222 mahasiswa serta 160 wisudawan Pascasarjana. IPK tertinggi diraih oleh Sherrish Serafinna Tanudirdjo, S.Sos dengan IPK 3,91 dan Vanda Ningrum, M.Kesos dengan IPK 3,9.

Dekan FISIP UI, Dr. Arie juga memberikan ucapan selamatnya kepada mahasiswa FISIP UI yang lulus pada wisuda tahun akademik 2020/2021, “Semoga kelulusan ini memberikan kebahagiaan dan kebanggaan pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan yang luas. Mahasiswa semester ini lulus di masa yang tidak mudah seperti saat ini di masa pandemi Covid-19, tentu ini diluar kuasa kita namun saya berharap anda semua sebagai lulusan FISIP UI tetap bangga dan tetap semangat agar semua tetap berjalan sesuai dengan rencana.”

Wisuda Virtual FISIP UI 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

Wisuda Virtual FISIP UI 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

Ada yang beda pada wisuda FISIP UI tahun ini di tengah pandemi Covid-19 yang tidak kunjung reda dan dianjurkan untuk tetap berjarak maka Universitas Indonesia dan FISIP menghelat wisuda secara live virtual melalui aplikasi Zoom maupun Youtube, pada hari Jumat (16/10) untuk Program Sarjana dan Sabtu (17/10) untuk Program Pascasarjana.

Setelah pagi hari digelar upacara wisuda virtual bersama Rektor UI kemudian wisudawan/wisudawati diarahkan menuju link Zoom dan Youtube fakultas.

Pada kelulusan semester ini FISIP UI meluluskan 226 wisudawan dari Program Sarjana, IPK tertinggi 3,89 diraih oleh mahasiswi dari Hubungan International, Devina Ayona, S.Sos. Dari Program Pascasarjana meluluskan 89 wisudawan, IPK tertinggi 3,94 diraih oleh mahasiswi Ilmu Komunikasi Anggun Nadia Fatimah, M.Si.

Dekan FISIP UI menyampaikan sambutan dan semangat kepada para wisudawan meskipun disituasi yang tidak mudah seperti sekarang, jangan berkecil hati dan tekadkan semangat yang kuat, tetap berkarya untuk bangsa dan negara dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik, semoga ini menjadi lulusan pertama dan terakhir kalinya dalam situasi pandemi ini.

Christella Fenisianti, Thierry Ramadhan dan Cut Nabila menjadi perwakilan mahasiswa/mahasiswi untuk berbagi pengalaman berkesannya selama berkuliah di Program Sarjana FISIP UI. Sedangkan pada Program Pascasarjana diwakilkan oleh Mas Ahmad Yani, Ahmad Ramadhan & Farah

Ada yang menarik dari wisuda ini walaupun dilaksanakan secara virtual tapi terasa sangat dekat, haru dan hangat karena para wisudawan/wisudawati langsung di dampingin oleh kedua orangtua/wali disampingnya.

Acara ini merupakan bagian persembahan dari keluarga besar FISIP UI untuk melepas secara resmi para mahasiswa Program Sarjana dan Program Pascasarjana yang diwisuda pada semester ini. Acara ini ditutup dengan lagu yang berjudul ‘Sampai Jumpa’ yang dibawakan oleh para dosen FISIP UI yang tergabung dalam ‘Swara Jingga’ lalu.