Select Page

Latar Kuliah Lebaran FISIP UI 2022

[Kuliah Umum FISIP UI Menyambut Mudik Lebaran 2022]

Selama pandemi Covid-19, ada banyak kebiasaan kita yang berubah. Salah satu yang amat dirasakan oleh penduduk kota, khususnya Jakarta, adalah sulitnya menjalankan tradisi pulang kampung di saat lebaran. Mudik menjadi hal yang sulit dilakukan karena penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk membatasi tingkat penularan Covid-19.

Belakangan ini, setelah kondisi dirasa lebih aman, pelonggaran kegiatan dan mobilitas telah menimbulkan harapan warga Jakarta untuk dapat mudik lebaran. Sambutan yang tinggi terlihat dari antusiasme warga ketika mereka melengkapi vaksinasi yang ketiga kalinya (booster) sebagai salah satu syarat perjalanan.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah kemungkinan meledaknya jumlah pemudik. Diperkirakan lebih dari separuh warga Jakarta bersiap untuk pulang kampung. Selain dengan kendaraan umum, baik kereta maupun bus, moda kendaraan pribadi dipastikan akan mendominasi perjalanan mudik. Difasilitasi dengan jalur jalan tol yang sudah menguhubungkan kota-kota utama di Jawa dan sebagian Sumatra, volume perjalanan darat dipastikan meningkat.

Untuk mengantisipasi masalah lalu-lintas sekaligus meningkatkan keamanan mudik, Direktur Keamanan dan Keselamatan, Korlantas POLRI, Prof. Dr. BJP. Chryshanda Dwilaksana menimbau para pemudik untuk amat memperhatikan keselamatan di jalan raya. Pengguna jalan arteri mapun jalan tol harus memperhitungkan kemungkinan macet, emosi yang meninggi di jalan, kelelahan, kecelakaan,dsb.

Berangkat dari hal tersebut, FISIP UI mengundang seluruh khalayak umum dan sivitas akademika untuk ikut serta dalam Kuliah Umum :

“Kemajuan Infrastruktur Jalan Tol, Meningkatnya Volume Kendaraan, Pandemi dan Tradisi dalam Peristiwa Mudik Lebaran 2022”

Selasa, 26 April 2022
Pukul 10.00-12.00 WIB

– Pembicara Utama:
Brigjen. Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana
(Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas POLRI)

– Pembahas:
1. Prof. Dr. Paulus Wirutomo (Guru Besar Sosiologi FISIP UI)
2. Johanna Debora Imelda, MA., Ph.D. (Ketua Program Studi Pascasarjana Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI)
3. Dr. Phil. Imam Ardhianto (Ketua Program Studi Sarjana Departemen Antropologi FISIP UI)

– Moderator: Bhakti Eko Nugroho, M.A. (Sekretaris Departemen Kriminologi FISIP UI)

Pendaftaran: bit.ly/kuliahlebaranfisipui2022

* Disiarkan langsung melalui Zoom & Youtube FISIP UI
** Tersedia E-Certificate

Latar Virtual “Dies Natalis FISIP UI Ke-54”

Latar Virtual “Dies Natalis FISIP UI Ke-54”

Hari kelahiran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia jatuh pada tanggal 1 Februari setiap tahunnya. Ada sejarah panjang yang terentang sejak kelahiran hingga capaian usia pada tahun ini sehingga Dies Natalis tahun ini patut dirayakan sebagai ungkapan rasa syukur dan pengingat bagi FISIP UI sebagai lembaga pendidikan yang berkontribusi melalui tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam rangkaian menuju acara puncak Dies Natalis FISIP ke – 54 yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 Maret 2022, FISIP UI mengundang sivitas akademika, keluarga besar, alumni, warga FISIP UI serta khalayak umum untuk mengikuti bincang-bincang bersama Prof. Semiarto Aji Purwanto selaku Dekan FISIP UI periode 2021 – 2025 dengan para Dekan FISIP UI periode sebelumnya, yaitu:
– Dr. Arie Setiabudi Soesilo (Dekan FISIP UI Periode 2013-2021)*
– Prof. Dr. Bambang Shergi Laksmono M.Sc. (Dekan FISIP UI Periode 2008 – 2012)
– Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri (Dekan FISIP UI Periode 2003‐2007), dan
– Prof. Dr. Martani Huseini (Dekan FISIP UI Periode 2001‐2003)

Acara akan diselenggarakan pada:
🗓️ Jumat, 4 Maret 2022
🕓 Pukul 16.00 – 17.30 WIB

✅ Pendaftaran: https://bit.ly/ikutbincangdiesfisipui54

Di akhir acara, akan ada kuis berhadiah total Rp3.000.000 untuk para peserta yang telah melakukan registrasi dan hadir melalui Zoom.

Yuk, kita ramaikan semarak Dies Naralis FISIP UI ke -54!
Tiada kesan tanpa keikutsertaanmu 🙂