Pilih Laman

BKI Academy berkolaborasi bersama FISIP UI dan Universitas Pertahanan Indonesia mengadakan kegiatan Webinar SSM (Soft System Methodology)  Series Season 1 Part 3 dengan topik “Aplikasi SSM-Based AR (Action Research) pada Riset Jurnal Kemaritiman/Militer dalam Penulisan Buku dan Jurnal” pada Jumat (5/6) Juni 2020.

Kegiatan diskusi ini menghadirkan narasumber, (1) Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, S.I.P., M.M. Guru Besar Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN), (2) Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD. Rektor Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN), (3) Prof Dr Sudarsono Hardjosoekarto Guru Besar FISIP Universitas Indonesia, (4) Laksamana Madya TNI (Purn) Achmad Taufiqoerrochman M., SE. Kepala Bakamla 2018-2020, (5) Dr. Ir. Rudiyanto Dip., ISM, MIIRSM. MM. MBA. Dosen Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN), (6) Laksamana Muda TNI (Purn) Dr. Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc., PSC Dosen Universitas Pertahananan Indonesia, (7) Dr. Rachma Fitriati, M.Si., M.Si (Han) Dosen dan Peneliti Pascasarjana FIA Universitas Indonesia

Webinar ini kerjasama oleh BKI Academy dengan berbagai instansi, kali ini berkolaborasi dengan FISIP UI, yang membahas aplikasi SSM yang berfokus pada kemaritiman dan militer. Membahas bagaimana pendekatan-pendekatan dalam penulisan jurnal defense and military studies.

Soft System Methodology (SSM) adalah metode sistematis menggunakan pendekatan terstruktur untuk memahami suatu masalah, membangun model konseptual, mendapatkan kelayakan dan perubahan yang di inginkan serta mengimplementasikannya.

Artikel Lainnya:  Menggantang Asa di Kabut Asap: Sebuah Studi Tentang Environmentality Friksional

Teknik analisis menggunakan SSM di dahului dengan teknik  pengolahan data menggunakan program aplikasi NVivo. NVivo bermanfaat untuk membantu riset kualitatif secara  efisien, membantu konsumsi logika dan desain penelitian, serta memberikan fasilitas untuk menganalisis konten.

“Ada kombinasi atau kolaborasi antara hard system approach dengan soft system approach. Begitu juga ada kombinasi SSM dengan yang lain termasuk hard system. SSM dapat di aplikasikan dimana saja baik teoritis maupun problem sloving, khusus saat ini kita menampilkan aplikasi SSM di riset kemaritiman dan militer,” jelas Prof. Sudarsono.

Marsetio menambahkan “SSM merupakan metodologi penelitian yang tujuannya untuk menyelesaikan  masalah masalah yg sifatnya kompleks-pluralist dimana unsur  kualitatif dan ketidakpastian cukup dominan. SSM terdiri dari 7 tahap. Sedangkan AR merupakan metodologi penelitian yg berfokus langsung pada tindakan sosial dan kebanyakan bersifat kualitatif. Didasarkan pada tindakan masyarakat yg seringkali diselenggarakan pada  bidang yg luas seperti sekolah, rumah sakit, kesatuan dll.”