Women, Risks, and Consumer Protection in Online Lending Platforms in Indonesia A Study on The Multiple Vulnerabilities of Women as Users and It’s Impact to Gender-Based Violence

Penelitian ini dipublikasikan oleh Departemen Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Universitas Indonesia yang bertujuan mengkaji penggunaan pinjaman online Peer to Peer (P2P) Lending oleh perempuan, dengan fokus pada manfaat dan tantangan yang mereka hadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap 35 perempuan pengguna pinjaman online, mewakili beragam latar belakang sosial dan ekonomi.

Hasil penelitian mencerminkan bahwa banyak perempuan menggunakan pinjaman online untuk kebutuhan keluarga dan pribadi, tetapi juga mengalami tantangan, termasuk bunga tinggi dan pelanggaran privasi. Selain itu, terdapat kasus kekerasan berbasis gender online yang dialami perempuan dalam konteks ini. Sehingga penulis juga melakukan wawancara dengan perwakilan asosiasi fintech, pembuat kebijakan, dan pihak terkait, serta menggabungkan data sekunder untuk memberikan rekomendasi kebijakan yang lebih komprehensif guna memberikan perlindungan dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi.

Unduh Publikasinya melalui tautan berikut: UNDUH RILIS

 

Related Posts

Hubungi Kami

Kampus UI Depok
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia
Jl. Prof. Dr. Selo Soemardjan, Depok, Jawa Barat 16424 Indonesia
E-mail: fisip@ui.ac.id
Tel.: (+62-21) 7270 006
Fax.: (+62-21) 7872 820
Kampus UI Salemba
Gedung IASTH Lt. 6, Universitas Indonesia
Jl. Salemba Raya 4, Jakarta 10430 Indonesia

E-mail: fisip@ui.ac.id
Tel.: (+62-21) 315 6941, 390 4722

Waktu Layanan

Administrasi dan Fasilitas
Hari : Senin- Jumat
Waktu : 08:30 - 16:00 WIB (UTC+7)
Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB (UTC+7)

Catatan:
*) Layanan tutup pada hari libur nasional, cuti bersama, atau bila terdapat kegiatan internal.
Skip to content