Pusat Unduhan

Brosur Pascasarjana FISIP UI
Brochure of International Undergraduate Program of Communications
Formulir Statement of Intent FISIP UI
Brosur Program Sarjana FISIP UI
Studi Sikap Publik Terhadap Penerapan Keadilan Restoratif di Indonesia

Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dengan kerjasama Departemen Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia mengangkat isu tentang sikap dan pandangan publik terhadap penerapan keadilan restoratif di Indonesia. Penelitian mempunyai tujuan menghasilkan baseline data yang dapat digunakan untuk menentukan strategi yang tepat guna mendukung percepatan pelaksanaan keadilan restoratif di Indonesia.

Penelitian ini dapat berkontribusi sebagai masukan untuk penegak hukum tentang upaya implementasi keadilan restoratif dalam kerangka KUHP yang baru, serta menentukan desain kampanye yang efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mendukung keadilan restoratif di Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method, yakni kualitatif yang mengumpulkan data dengan cara Focus Group Discussion (FGD) dan Kuantitatif melalui survei dengan teknik wawancara.

Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia cenderung menerima keadilan restoratif sebagai bentuk penghukuman alternatif dan memiliki peluang untuk menerapkan keadilan restoratif yang lebih luas di masa depan. Selain itu, penelitian ini menegaskan bahwa sikap publik terhadap keadilan restoratif bersifat inklusif terhadap faktor sosio-demografis, mengindikasikan bahwa seluruh kelompok masyarakat memiliki tingkat penerimaan yang serupa terhadap konsep ini, yang membuka peluang bagi penyuluhan dan informasi yang lebih baik untuk mendapatkan dukungan masyarakat yang lebih luas terhadap implementasi keadilan restoratif di Indonesia.

Women, Risks, and Consumer Protection in Online Lending Platforms in Indonesia: A Study on The Multiple Vulnerabilities of Women as Users and It’s Impact to Gender-Based Violence

Penelitian ini dipublikasikan oleh Departemen Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Universitas Indonesia yang bertujuan mengkaji penggunaan pinjaman online Peer to Peer (P2P) Lending oleh perempuan, dengan fokus pada manfaat dan tantangan yang mereka hadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap 35 perempuan pengguna pinjaman online, mewakili beragam latar belakang sosial dan ekonomi.

Hasil penelitian mencerminkan bahwa banyak perempuan menggunakan pinjaman online untuk kebutuhan keluarga dan pribadi, tetapi juga mengalami tantangan, termasuk bunga tinggi dan pelanggaran privasi. Selain itu, terdapat kasus kekerasan berbasis gender online yang dialami perempuan dalam konteks ini. Sehingga penulis juga melakukan wawancara dengan perwakilan asosiasi fintech, pembuat kebijakan, dan pihak terkait, serta menggabungkan data sekunder untuk memberikan rekomendasi kebijakan yang lebih komprehensif guna memberikan perlindungan dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi.

Peraturan Dekan FISIP UI Nomor 2 Tahun 2022

Dekan FISIP UI Periode 2021-2025; Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto mengeluarkan Peraturan Dekan FISIP UI Nomor 2/2022 tentang Pedoman Umum Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Seksual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada 27 September 2022. Dengan ini maka FISIP resmi memiliki lembaga yang bertugas dalam hal pencegahan dan penanganan kekerasan seksual (mudahnya disebut Komite PPKS) dan memiliki pedoman umum untuk menjalankan tugasnya.

Kalender Akademik FISIP UI-Semester Gasal 2023-2024
Published: Juli 27, 2023
Kalender Akademik FISIP UI-Semester Genap 2022-2023
Published: Januari 18, 2023
Skip to content