Pilih Laman

Dalam rangka menjalin kerja sama yang baik dengan dunia internasional, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. (Dekan FISIP UI) menghadiri McDonnell (Boeing) International Scholars Academy 6th International Symposium di Brisbane, Australia pada 24—25 September 2016 lalu. Acara simposium ini diadakan oleh Washington University, St. Louis, Missouri yg telah bertahun-tahun didukung oleh perusahaan produsen pesawat Boeing-McDonnell dalam mengembangkan riset di dunia akademik.

Dalam acara internasional tersebut, Dekan FISIP UI bertemu dan bersosialisasi dengan 30 delegasi universitas lainnya. Kesempatan itu merupakan momentum dalam membuka peluang kerja sama maupun mengembangkan kerja sama lanjutan yang sudah terjalin sebelumnya. Beberapa perbincangan dalam rangka kerja sama berlangsung antara Dekan FISIP UI dengan Vice Chancellor University of Queensland serta Vice President dan Executive Dean Faculty of Arts & Education Deakin University.

Tak hanya itu, Dekan FISIP UI mendapat kesempatan bertemu dan berbincang dengan John McDonnell, putra dari pendiri perusahaan pesawat Boeing. Sosok yang pernah menjabat President dan CEO dari perusahaan Boeing ini berjasa dalam memberikan dana riset dan penelitian kepada universitas-universitas dunia.

Selain menjalin hubungan dengan berbagai universitas dunia, Dr. Arie juga mendapat kesempatan untuk mempresentasikan gagasannya. Ia mempresentasikan isu-isu yang ada di Indonesia seperti kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah dengan judul “Social Exclusion” di Kampus UQ, Brisbane. Malam harinya, Dr. Arie berjumpa dengan Vice President serta Executive Dean Faculty of Arts & Education Deakin University untuk bahas pengembangan kerjasama lebih lanjut dengan FISIP yang sudah berjalan selama ini. Deakin University sendiri adalah kampus mitra dalam Program Kelas Khusus Internasional di Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP UI.

Artikel Lainnya:  Menyelami Strategi Persuasi dalam Kontestasi Politik

Acara kali ini diselenggarakan di Brisbane bekerjasama dengan University of Queensland. FISIP UI pun terlibat dalam kegiatan ini sebagai pelaksana pra-simposium yang berupa expert meeting. Acara yang dihadiri 25 dengan kepakaran di bidang sosial dari Amerika Serikat dan Asia Pasifik itu membahas subjek “Social Exclusion and Social Inclusion”. Lewat simposium internasional ini, diharapkan akan meningkatan kerjasama FISIP UI dengan dunia akademis internasional.