Pilih Laman

Demi membantu menanggulangi apabila terjadi gangguan kesehatan ringan pada mahasiswa, dosen ataupun karyawan, FISIP UI kini memiliki sebuah Ruang Kesehatan yang terletak di lantai 1, Gedung F Kampus FISIP UI Depok.

Di dalam ruangan berukuran 2×3 meter, Ruang Kesehatan ini difasilitasi dua petugas yang melayani konsultasi kesehatan, obat-obatan ringan, serta alat medis yang dapat digunakan dalam pertolongan pertama saat kondisi darurat.

Oki Setiadi Hidayat, Staf Unit K3L FISIP UI, mengatakan bahwa Ruang Kesehatan memiliki fungsi untuk melayani mahasiswa, dosen, dan karyawan apabila mengalami gangguan kesehatan ringan. Hal ini mengingat tingkat gangguan kesehatan di FISIP UI cukup tinggi.

“Kami melihat mahasiswa sekarang banyak kegiatannya. Kami berusaha melayani apabila ada kejadian yang tidak diinginkan,” kata Oki.

Artikel Lainnya:  Program Pelancaran Guru Besar FISIP UI

Untuk karyawan sendiri, sebenarnya sudah ada mekanisme medical check-up secara berkala. Dengan adanya Ruang Kesehatan, diharapkan ke depannya dapat dilakukan sistem pencatatan golongan darah, agar apabila terjadi kecelakaan yang membutuhkan donor darah, maka golongan darah tersebut dapat diketahui sesegera mungkin.

Meski demikian, masih terdapat beberapa kekurangan fasilitas penunjang. “Kita masih kurang. Kita belum ada tabung oksigen sementara. Kita juga masih kekurangan obat-obatan,” kata Oki. Oki berharap kekurangan tersebut akan dilengkapi kemudian.

Ruang Kesehatan FISIP UI diresmikan bertepatan pada acara Dies Natalis FISIP UI pada 1 Februari lalu. Dengan adanya Ruang Kesehatan, diharapkan dapat melayani kebutuhan sivitas akademika FISIP UI yang mengalami gangguan kesehatan ringan.

Artikel Lainnya:  Dilema Sensor di Televisi Indonesia